Banten River Tubing, Saatnya Rafting!

DIBUKA sejak Desember 2016 lalu, Banten River Tubing menjadi salah satu destinas wisata di Kabupaten Serang yang patut dikunjungi. Bukan hanya lintasannya yang bervariasi dengan panorama gigir sungai yang memanjakan mata, tapi lokasinya yang mudah dijangkau.

Berada di Kampung Curug Dahu, Desa Kaduberem, Kecamatan Padarincang, Banten River Tubing memanfaatkan aliran Sungai Cikalumpang untuk rafting.

Dalam laman resmi Dinas Pemuda dan Olah raga Kabupaten Serang dinyatakan, untuk menuju ke lokasi, menurut Black Faiki owner, dari Pasar Padarincang, hanya lima menit jika pengunjung menggunakan motor. Jika menggunakan mobil, bisa diparkir di ujung kampung, lalu berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar lima menit.

”Keamanan dan kenyamanan tetap yang utama. Pengunjung sungai yang akan mengarungi lintasan, dibekali dengan helm, pelampung, dan didampingi instruktur,” ujar Black Faiki.

Untuk lintasan paling pendek yakni 1,5 km. Menurut dia, jarak tempuhnya sekitar 15 menit. Variasi pilihan lintasan lain yakni 2 km, 2,5 km, dan paling panjang 4,5 km atau bisa ditempuh sekitar 2,5 jam. Sepanjang lintasan sungai, dijumpai pemandangan sawah, hutan yang masih alami dan perkebunan.

”Untuk minimal pengunjung jika ingin rafting, kalau weekday minimal lima orang. Kalau weekend tidak dibatasi, karena bisa ikut rombongan lain. Semua bisa rafting di sini, usianya minimal delapan tahun,” ucapnya lagi.

Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 60.000 sudah meliputi welcome drink.

”Pengunjungnya sampai saat ini bukan hanya dari Banten, tapi juga dari Bandung, Bekasi, dan Jakarta,” tuturnya.

Di Banten River Tubing ini juga terdapat vila, aula, dan homestay bagi yang ingin bermalam. Tersedia juga outbound dan flyng fox yang disediakan sesuai pesanan. Ini semakin melengkapi keinginan pengunjung yang datang ke lokasi tersebut untuk berbagai keperluan.

Daya tarik Banten River Tubing yang juga pernah muncul di siaran CNN Indonesia ini didukung Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang. Pada kunjungan program Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Serang atau Sipakaser, Suminta, Kepala Bidang Pemasaran dan Kemitraan Jasa Usaha Pariwisata, Marisca Theresia, Kasi Promosi Pariwisata, dan M Luthfie Yonas, Humas tertarik dengan keberadaan objek wisata ini.

”Destinasi wisata seperti ini harus didukung dan dipromosikan supaya banyak lebih kenal dan tahu, kemudian datang ke sini,” kata Marisca Theresia, Kasi Promosi Pariwisata. (T. Soemarsono)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here