Banten Miliki Tiga Sumber Baru, Hortikultura Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

SERANG, (KB).- Selain pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), hortikultura dinilai salah satu dari tiga sumber baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten. Sebab, ketiga sumber tersebut memiliki potensi yang cukup tinggi.

Hal tersebut terungkap dalam upacara pengukuhan Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, Palima, Kota Serang, Jumat (9/8/2019). Upacara tersebut merupakan kelanjutan dari pergantian Kepala Perwakilan Provinsi Banten yang sebelumnya dijabat Rahmat Hernowo ke Erwin Soeriadimadja, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Grup Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia. Rahmat Hernowo kini menjabat sebagai Kepala Departemen Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia.

“Ekonomi baru yang bisa tumbuh di Banten saya kira sektor pariwisata di Banten itu cukup tinggi potensinya sejalan dengan perbaikan transportasi di Banten. Kedua adalah kita melihat UMKM yang cukup besar, ketiga meningkatkan hortikultura,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja.

Tiga sumber pertumbuhan ekonomi baru itu perlu dikembangkan secara bersama-sama oleh berbagai pihaknya. BI sendiri siap berperan dalam mendorong SDM yang semakin terampil dan kuat. “Melalui metode seperti itu kami harapkan BI akan terus mendorong dari sisi binteknya, edukasi baik dari sisi UMKM maupun e-commerce (perdagangan elektronik),” ujarnya.

Dalam bidang wisata, BI memandang pemerintah perlu membuat indikator untuk menciptakan alam tetap terjaga. “Kalau kami melihat pariwisata itu memang perlu dukungan dari semua pihak, adanya gempa atau apa itu memang perlu koordinasi baik dari pemerintah pusat maupun daerah,” ucapnya.

BI terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Banten, karena pertumbuhan ekonomi dapat menyerap tenaga kerja. “Pada intinya adalah kita harus terus membangun sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, intinya seperti itu,” ujarnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengajak BI Perwakilan Provinsi Banten untuk ikut berperan aktif dalam mendongkrak sektor pariwisata Banten yang belakangan sedang melemah karena beberapa kali diterpa bencana tsunami. Menurut gubernur, sektor pariwisata khususnya pantai di Banten mampu memulihkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Banten.

“Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi Banten saat ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Inflasi juga kita cukup bagus dan salah satunya juga berkat kerja sama antara pemerintah dengan BI selama ini,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here