Sabtu, 15 Desember 2018

Banten Lama, Eksotisme Wisata dan Simbol Keberagaman di Banten

BANTEN Lama menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banten. Kawasan Banten Lama yang merupakan pusat pemerintahan peninggalan Kesultanan Banten abad ke-15 itu, berada di pesisir teluk di sebelah timur Kota Serang.

Banten Lama merupakan kawasan wisata, baik sejarah maupun religi. Di tempat wisata ini, terdapat Masjid Agung Banten yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, termasuk sebuah vihara tertua di Banten yang juga dibangun satu kompleks dengan Masjid Agung. Sehingga, Banten Lama bisa disebut simbol keberagaman.

Seperti dikutip di laman dispar.bantenprov.go.id, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, Banten sejak masa kesultanan merupakan daerah yang sangat banyak beragam etnis, suku dan agama.

“Jadi sebenarnya monumen keberagaman kebhinekaan itu ada di tempat bersejarah ini (Banten),” kata Wahidin Halim saat meninjau kawasan Banten Lama, beberapa waktu lalu.

Keberagaman di balik sejumlah peninggalan sejarah, seperti bangunan Vihara Avalokitesvara dan Kompleks Masjid Agung Banten, yang masih tersisa utuh di kawasan Banten Lama. Hal itu menjadi bukti kuat toleransi pada masa Kesultanan Banten abad ke-16 Masehi.

Wahidin berharap, warga masyarakat dapat memahami dan belajar tentang nilai-nilai sejarah, agar selalu menjunjung sikap toleransi dan menghargai nilai keberagaman yang berkembang di masyarakat.

Kawasan Banten Lama yang kini dalam proses revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Banten, mulai terlihat lebih rapi, bersih dan tak lagi kumuh, jauh dari kesemrawutan para pedagang kaki lima yang dulu sempat membuat bangunan cagar budaya ini tertutup keindahannya.

Meski demikian, sejumlah bagian bangunan tetap masih dalam kondisi kokoh, dan tidak banyak mengalami perubahan, tetap mempertahankan bangunan asli. (Galuh Malpiana)*


Sekilas Info

Wisata Pantai Gratis di Anyer Perlahan Hilang

KEINDAHAN Pantai Anyer yang secara letak geografis berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *