Banten Juara Umum MTQ IV Korpri Nasional 2018

KORPS Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Banten menunjukkan penampilan terbaiknya pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Tingkat Nasional yang digelar di Padepokan Pencak Silat TMII pada Sabtu hingga Sabtu (10-17/11/2018).

Hasil kerja keras kafilah Korpri Banten tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Banten berhasil meraih juara umum. Hal tersebut disampaikan dalam keputusan dewan hakim pada penutupan MTQ IV Korpri Tingkat Nasional di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (17/11/2018).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Ino S Rawita mengapresiasi kafilah Banten dan semua yang terlibat atas partisipasi hingga Banten keluar sebagai juara umum. Menurut dia, pencapaian tersebut, sebagai bukti, bahwa Banten mampu bersaing.

“Saya sangat mengapresiasi kafilah Banten yang telah meraih juara Umum pada MTQ IV. Terima kasih kepada teman-teman kafilah yang telah berjuang ini membuktikan, bahwa Banten mampu bersaing. Bapak gubernur, bapak wakil gubernur beserta jajarannya mengucapkan terima kasih kepada kafilah, rombongan, dan seluruh yang terlibat,” katanya.

Menurut dia, raihan juara umum MTQ Korpri tersebut, cukup mengobati hasil MTQ Nasional di Medan, beberapa waktu lalu. Ketika itu, kafilah Banten gagal mempertahankan status juara umum dan hanya berada di posisi kedua setelah DKI Jakarta.

“Memang pada MTQ di Medan kemarin kami juara dua. Tapi, sekarang cukup terobati dengan adanya juara umum dari MTQ Korpri kali ini,” ujarnya.

Ketua Dewan Hakim, Mahasin menuturkan, MTQ diikuti kafilah dari 34 kementerian dan lembaga, 31 provinsi. Daerah yang masuk 10 besar, yaitu secara berturut-turut Banten, Jateng, Aceh, Jambi, Sumut, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimatan Selatan, dan Sumatera Barat.

“Menetapkan dari 10 kafilah yang masuk 10 besar, kafilah Provinsi Banten menjadi juara umum. Saya mengucapkan selamat atas capaian masing-masing kafilah. Saya mencatat kemajuan yang luar biasa dari kualitas para ASN (aparatur spil negara) yang ikut MTQ ini,” ucapnya kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, MTQ IV Korpri Nasional sekaligus menjadi ajang silaturahim dan arena unjuk kebolehan para ASN, sekaligus sebagai sarana syiar dan dakwah untuk membumikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari, khususnya sendi-sendi birokrasi.

“Yang menarik, adalah rangking 1 sampai 10 besar. Perolehan juara seluruhnya, adalah dari Korpri daerah. Dari kementerian dan lembaga belum ada yang beruntung bisa masuk 10 besar,” tuturnya. (DE/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here