Sabtu, 17 November 2018

Banten Juara Umum Festival Kaligrafi

SERANG, (KB).- Provinsi Banten menjadi juara umum pada Festival Seni Kaligrafi Islam Indonesia. tingkat nasional. Peringkat beikutnya, Kalimantan Utara, Jawa Timur, DKI Jakarta, Riau, dan Jambi, Bali, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat. Kegiatan diprakarsai Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais), berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa-Kamis (7-9/11/2017).

Kepala Seksi Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Hadist, Uesul Qurni, keberhasilan Banten pada perhelatan tersebut berkat kerjasama yang apik antara Kanwil Kemenag Banten dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten. “Banten punya tragisi bagus dalam merawat melestarikan kesenian kaligrafi.”

“Mengikutsertakan para seniman kaligrafi di berbagai even nasional dan internasional merupakan salah satu bagian dari upaya untuk terus merawat kesenian Islam tersebut,” ujarnya. Dikatakan, kegiatan ini merupakan ajang oara seniman kaligrafi untuk membuktikan bahwa kaligrafi semkain eksis di tengah kemajuan zaman. “Seni kaligrafi merupakan salah satu cara untuk melestarikan Alquran,” katanya.

Kegiatan tersebut dibuka Direktur Penais Kementrian Agama RI. Dalam sambutannya ia mengatakan, para kaligrafer muda Indonesia sangat aktif mengikuti sejumlah kompetisi dalam bentuk sayembara kaligrafi Internasional, seperti: International Islamic Calligrapy Competition di Turki, Al-Burda di Dubai Uni Emirat Arab, As-Safir di Irak, Mustaqbal di Turki, Al-Baraka di Turki, Peraduan Menulis Khath ASEAN di Brunei Darussalam, dan lain-lain.

Banten mendominasi pada kategori kaligrafi hiasan mushaf wanita, yakni atas nama Hazlina. Ia meraih nilai tertinggi, yakni 82. Kemudianh pada kaligrafi dekorasi pria, atas nama Rivqi Nasrullah dengan nilai 84. Sementara peserta kaligrafi dekorasi wanita meraih perringkat ketiga, atas nama Ernawati.
Kaligrafi kontemporer pria atas nama Poniman meraih peringkat kedua. Sementara Marfuah Mutoharoh meraih juara harapan pada kaligrafi kontemporer wanita. Banten gagal meraih juara pada kategori Sayembara kaligrafi dan kaligrafi hiasan mushaf pria. (MH)***


Sekilas Info

Jika Tetap di Rp 40 Miliar, Pemkab Serang akan Mengembalikan Bankeu

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tetap akan mengembalikan bantuan keuangan (Bankeu) dari provinsi jika tetap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *