Banten Juara 3 Kejurnas Basket KU-14 2019

MEDAN, (KB).- Banten menjadi juara ketiga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket Putra Kelompok Umur (KU-14) 2019 di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (17/1/2019). Meski tidak menjadi juara pertama, raihan pebasket junior Banten tersebut sudah cukup memuaskan.

Pelatih Basket Putra KU-14 Banten Fredy Gorey mengatakan, anak asuhnya sudah bermain baik dan maksimal dalam laga tersebut. Hanya, menjadi juara pertama belum dapat dicapai. “Persiapan kami kurang sebenarnya, tapi hasilnya sudah bagus. Kami punya power, push yang baik (dalam pertandingan),” ujar Fredy kepada wartawan, Kamis (17/1/2019).

Ia mengatakan, faktor yang menjadi kekalahan anak asuhnya di kejurnas tersebut karena pengalaman. Sebab, mereka sedikit gugup saat berlaga di event sekelas kejurnas. “Pengalamannya belum sehingga nyali mereka tidak besar,” kata Fredy.

Ia menjelaskan, jika melihat dari sisi pertandingan pebasket cilik Banten dapat berkompetisi di level nasional. Untuk mengembangkan bakat mereka perlu dilakukan pembinaan dan dukungan dari Pengprov Perbasi Banten. “Potensi anak-anak ini ada dan bisa disiapkan untuk Kejurnas U-16. Pengprov Perbasi Banten seharusnya dapat memfasilitasi mereka lebih lama (pembinaan) agar kesananya dapat bersaing di usia 16 tahun,” ucap Fredy.

Wakil Ketua Umum 1 Pengprov Perbasi Banten Eka Dwi Sapta mengapresiasi keberhasilan pebasket junior Banten KU 14 tahun. Ia mengatakan, predikat juara tiga sudah sangat baik. “Kita kalah dengan Jawa Timur di babak semi final, mereka (pebasket cilik) sudah meraih prestasi yang membanggakan,” tutur Eka.

Ia mengharapkan pembinaan anak usia dini ke depan agar terus berjalan. Selain itu juga kompetisi anak usia dini juga dapat bergulir sehingga potensi pebasket junior Banten terasah. “Harapannya agar pembinaan terus berjalan dan kompetisi terus berputar sehingga dapat melahirkan bibit baru. Kami juga berharap di setiap kabupaten kota memiliki gedung olah raga yang layak sehingga pembinaan dapat berjalan dengan baik,” tutur Eka. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here