Banten Incar Juara Umum Festival Qasidah

SERANG, (KB).- Provinsi Banten mengincar gelar juara umum pada Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional di Kota Ambon.

Kepala Seksi Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Hadist pada Kanwil Kemenag Banten, H. Uesul Qurni, mengatakan pada even nasional yang digelar dari tanggal 24- 30 November 2019, Provinsi Banten akan mengikuti semua lomba.

“Kami sangat optimistis akan membawa pulang gelar juara umum,” kata H. Uesul Qurni kepada kabar banten, Selasa (12/11/2019).

Dikatakan, festival seni musik islami itu akan memperlombakan, qasidah kolaborasi untuk putra dan putri, qasidah klasik dewasa putra dan putri. Selain itu, bintang vokalis anak-anak putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putrid, serta bintang vokalis dewasa putra dan putri. Provinsi Banten dipastikan akan mengikuti semua mata lomba.

Menukil pernyataan Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag RI sekaligus Ketua Umum Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Pusat, Drs. H. Tarmizi Tohor, MA, Uesul Qurni menjelaskan Ambon terpiih sebagai tuan rumah, karena daerah ini dinilai berhasil melaksanakan sejumlah even nasional bernuansa keagamaan semisal Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi)ke XI dan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik ke-1.

Keberhasilan itu menjadi salah satu tolok ukur bagi pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menjadikan Kota Ambon sebagai tuan rumah pentas akbar Festival Qasidah Nasional 2019.

Dikatakan, penetapan Kota Ambon sebagai tuan rumah juga telah disampaikan sebelumnya lewat acara pembukaan Festival Bintang Vokalis Qasidah Gambus Tingkat Nasional XXIII di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, November 2018.

Menurut Uesul, dewasa ini seni musik telah menjadi jati diri masyarakat Indonesia, terutama seni musi islami. Musik islami telah dijadikan sebagai salah satu bagian dari upaya pemerintah untuk mengembangkan industri kreatif, guna menjembatani potensi masyarakat dalam kerangka meningkatkan kesejahteraan hidup warga. (SY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here