Selasa, 25 September 2018

Banten Genjot Target Wisata Tandon Ciater

Pemprov Banten terus bekerja keras untuk menata dan mengembangkan berbagai potensi wisata baru. Salah satunya membidik wisata Tandon Ciater, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata di Banten.

“Targetnya meningkatkan kunjungan wisata. Maka Tandon Ciater terpilih menjadi salah satu dari 10 destinasi Banten yang akan menjadi perhatian pemerintah untuk dipromosikan secara gencar sehingga wisata baru ini menjadi destinasi yang siap memanjakan para pengunjung dengan keindahan alam yang dimiliki oleh Ciater,” kata Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati seperti dikutip dari laman dispar.bantenprov.go.id.

Untuk menggenjot wisata tersebut, Dispar Banten telah membuka Kegiatan Pengembangan SDM Pariwisata di Kawasan 10 Destinasi Unggulan Banten dengan tema Kreativitas Berbasis Sapta Pesona di Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Ia mengatakan, upaya meningkatkan tata kelola kawasan wisata baru Tandon Ciater terus dilakukan oleh pemerintah salah satunya melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang siap menerapkan 7 unsur pariwisata Sapta Pesona.

Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan yang dapat membangun kreativitas para pegiat pariwisata untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab dari semua lapisan masyarakat, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas untuk mewujudkan pariwisata yang layak kunjung. Untuk menggaet wisatawan datang ke Tandon Ciater, para pengelola wajib mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk memperindah kawasan melalui kreativitas dalam menciptakan atraksi wisata dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan yang ketiga kalinya ini akan menambah pembekalan ilmu tentang pengembangan destinasi wisata kepada SDM yang dapat mengelola kawasan wisata Ciater dengan baik. “Potensi yang dimiliki Ciater dapat menjadi business opportunity yang baik, tinggal bagaimana kita mempersiapkan fasilitas dan konsep sesuai dengan pengkembangan destinasi. Memanfaatkan komunitas yang ada seperti GenPI menjadi penting, karena ini juga merupakan jembatan bagi pengelola destinasi daerah untuk lebih dikenal lewat promosi yang mereka lakukan melalui media sosial,” ucap Eneng.

Pada kesempatan tersebut, Eneng yang didampingi Agus Budi Darmawan dari Dinas Pariwisata Tangerang Selatan disambut Tari Kinang Kilaras yang dibawakan 3 penari dari Sanggar Ragam Budaya Nusantara-Pamulang sekaligus menyerahkan alat kebersihan kepada pengurus Tandon Ciater. Diketahui, Tandon Ciater merupakan sebuah tandon atau tanggul air yang berlokasi di Jl. Widya Kencana, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan. Luas area keseluruhan mencapai 7 hektare dengan mampu menampung debit air sebanyak 120 ribu meter kubik. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Menjaring Wisata Melalui Penataan Wisata Air Panas

TERLETAK di kawasan hutan lindung Perum Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Malingping, tepatnya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *