Banten Ditargetkan Jadi Penghasil Benih Padi

PANDEGLANG, (KB).- Provinsi Banten ditargetkan menjadi sentra penghasil benih padi karena potensinya memungkinkan dan kualitas benih yang dihasilkan bagus. “Kita menargetkan Provinsi Banten menjadi sentra produksi benih secara nasional, atau minimal bisa mencukup kebutuhan petani setempat,” kata Direktur Pembenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Bambang Sugiharto saat panen raya di Desa Gunung Putri, Kecamatan Banjar, Pandeglang, Senin (18/12/2017).

Untuk wilayah Provinsi Banten, pengembangan pertanian maupun benih padi fokus pada empat wilayah, yakni Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang dan Lebak. Menurut Bambang, beberapa lokasi sudah dijajaki untuk pengembangan benih padi ini, diantaranya Sawah Luhur dan Tanara Kabupaten Serang, Pamarayan Kabupaten Lebak dan Wanasalam dan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Di Kabupaten Pandeglang sudah ada lima titik balai induk benih, yakni di Kecamatan Bojong, Pagelaran, Cimanuk, Banjar dan Carita.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menginstruksikan organisasi perangkat daerah terkait meningkatkan produksi benih padi ini, sehingga secara bertahap bisa mencukupi kebutuhan para petani.
Dengan kerja keras para pihak terkait, ia menyatakan optimistis produksi benih padi akan terus meningkat, bahkan bukan tidak mungkin ke depan bisa memasok untuk kebutuhan daerah lain.
“Kita memiliki lahan cukup luas untuk mengembangkan benih padi. Memang untuk tahap awal produksi difokuskan memenuhi kebutuhan petani Pandeglang,” katanya. (TN/Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here