Banten Dinilai Belum Berkembang Signifikan, Pemprov Siap Buka Data

Al Muktabar, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).- Pemprov Banten siap buka data yang merupakan hasil dari proses panjang perjalanan Banten, sejak berdiri sampai saat ini. Selain untuk evaluasi, data tersebut juga untuk mengetahui capaian pembangunan di berbagai sektor.

“Saya ingin cek data itu pertama ya seperti apa basis datanya. Saya ingin tahu dulu bahwa ada hal-hal yang perlu kita perbaiki, atau kita kerjakan bersama, ya mengapa tidak?,” kata Sekda Banten, Almuktabar, Selasa (27/8/2019), ketika dimintai tanggapan tentang perkembangan Banten yang dianggap belum signifikan.

Dia mengatakan, data yang harus dilihat adalah hasil dari proses panjang perjalanan Banten. “Data-data itu dan ini kan perjalanan panjang ya, bukan pada masa satu dua tahun ini saja gitu ya. Itu basis yang mengingatkan kita bersama,” katanya.

Terkait potensi investasi di Banten, ia tidak membantah Banten memiliki peluang investasi yang besar. “Sekarang tinggal kita bagaimana itu senyatanya terjadi, dan pemerintah daerah tentu berperan dalam rangka, ya termasuk kita hari ini pertemuan dan seterusnya itu kan dalam rangka fasilitasi skema investasi. Mari kita bersama bangun Banten ini,” ujarnya.

Baca Juga : Beberapa Kali Berganti Kepala Daerah, Banten Dinilai Belum Berkembang Signifikan

Sementara terkait munculnya preman saat terjadi pengembangan investasi di bidang pariwisata, ia menjelaskan, hal itu tidak seharusnya terjadi. Sebab, pengembangan investasi harus mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

“Bahwa kita berupaya untuk menarik investasi di satu sisi, tapi di sisi lain kita juga harus merawat investasi yang sudah ada ini dengan segala agenda nyata. Meyakinkan kembali masyarakat untuk ayolah kita rawat bersama ini,” ucapnya.

Untuk mengubah budaya masyarakat, pemprov sedang mencanangkan Banten menjadi daerah peradaban. “Kita harus bersama berikan sistem nilai seperti itu, dan itu tugas kita bersama juga meyakinkan masyarakat, bahwa nilai tambah di sektor pariwisata tinggi,” katanya.

Sebelumnya, Guru Besar UIN SMH Banten H.MA Tihami menuturkan, dari pertama menjadi provinsi sampai saat ini, Pemprov Banten memang sudah menunjukkan banyak capaian kinerja di hampir semua sektor pembangunan, baik fisik maupun non fisik. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here