Rabu, 26 September 2018
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Retno Prawati, saat meninjau lokasi jalur sepeda pinggir Cisadane (JPC) mountain bike park.*

Bantaran Cisadane Jadi Jalur Sepeda

TANGERANG, (KB).- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam waktu dekat ini akan mempunyai jalur trek mountain bike atau jalur sepeda pinggir Cisadane (JPC) mountain bike park. Trek yang direncanakan untuk dilintasi jalur sepeda gunung tersebut berlokasi di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu sepanjang 6 kilometer.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel belum lama ini telah menelusuri dan menyisir lokasi yang akan dibangun trek di bantaran Sungai Cisadane yang melintas di wilayah Tangsel.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Retno Prawati mengatakan, penyediaan sarana untuk goweser tersebut, menindaklanjuti keinginan pihak Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Kota Tangsel.

Taman tersebut nantinya akan digunakan untuk masyarakat pehobi olah raga sepeda gunung. “Trek yang digunakan di sepanjang pinggir Sungai Cisadane. Rencananya April ini akan dimulai kegiatan mountain bike,” katanya, Senin (26/2/2018). Menurut dia, untuk penyediaan sarana olah raga tersebut, hanya pembersihan trek di sepanjang jalur tersebut. Adanya JPC mountain bike park juga untuk mendukung Kota Tangsel sebagai kota sepeda, seperti yang dicanangkan beberapa waktu lalu.

Sementara, Ketua ISSI Kota Tangsel, Dudung E Diredja menuturkan, potensi pariwisata yang ada di Kota Tangsel sangat mendukung untuk dijadikan kota sepeda. Sebab, menurut dia, tidak sedikit komunitas sepeda dari wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang sering menggelar kegiatan di Kota Tangsel.

“Kolaborasi antara pariwisata dengan kegiatan bersepeda bisa menjadi kombinasi yang pas. Ini dapat memajukan potensi pariwisata di Kota Tangsel dan akan menjadi rule model bagi daerah lain,” ujarnya. Ia menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya mencatat di Kota Tangsel terdapat sekitar 5.000 goweser dari berbagai komunitas sepeda. Ribuan goweser tersebut, bisa mendorong pencanangan Kota Tangsel sebagai Kota Sepeda.

“Di beberapa kota besar di Indonesia hanya ada julukan kota sebagai ramah bersepeda dan hari bersepeda. Tetapi, belum ada kota atau kabupaten di Indonesia yang dicanangkan sebagai kota sepeda. Mudah-mudahan baru Kota Tangsel yang melakukan hal tersebut,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Kota Tangsel bisa dikatakan gudangnya wisata sepeda. Sebab, tidak sedikit di Kota Tangsel terdapat jalur pipa gas (JPG) dan Bintaro Loop yang sudah menjadi ikon nasional. Atas dasar tersebut, sambung mantan Sekda Tangsel tersebut, sudah sepantasnya Kota Tangsel menjadi kota bersepeda. Selain itu, mayoritas masyarakat di Tangsel telah menjadikan kegiatan bersepeda bagian dari gaya hidup. (DA)***


Sekilas Info

Polres Tangsel: Waspadai Penipuan Rekrutmen CPNS

TANGERANG, (KB).- Kepolisian Resort Tangerang Selatan mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai aksi kejahatan penipuan. Tindak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *