Bansos Covid-19 untuk Warga Lebak Segera Disalurkan

SERANG, (KB).- Bantuan sosial (Bansos) program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) segera disalurkan untuk warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Lebak. Bansos yang berasal dari Pemprov Banten tersebut dicairkan secara bertahap untuk empat kabupaten/kota yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang dan Kota Serang, dan Kota Cilegon.

Pimpinan Cabang BRI Serang Edia Handiman S mengatakan, BRI terus melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial setempat dalam kaitan penyaluran dana JPS Prov Banten tersebut.

Sampai dengan saat ini, kata dia, penyaluran tahap I untuk Kabupaten Pandeglang telah disalurkan kepada lebih dari 13.000 penerima.

Selanjutnya, untuk Kabupaten/Kota Serang, Kota Cilegon dan Lebak yang berjumlah lebih dari 110 ribu penerima sedang dalam tahap finalisasi pembuatan rekening dan pencetakan Buku Tabungan.

Ia mengatakan, dalam proses operasional penyaluran JPS ini, BRI selalu berpegang pada prinsip kehati – hatian dengan mengacu kepada kelengkapan dan validitas data.

“Adapun BRI terus berkomitmen untuk mempercepat proses penyelesaian rekening – rekening dimaksud sehingga dana JPS Provinsi Banten dapat tersalurkan dengan baik dan lancar. Diharapkan Rabu mendatang sudah bisa bertahap dari Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Pihaknya berkomitmen untuk mempercepat penyaluran JPS Provinsi Banten.

“Tidak ada kendala, masing-maaing dinas sudah support. Kami komitmen untuk segera mempercepat penyelesaiannya,” tuturnya.

Diketahui, pemprov bekerja sama dengan Bank BRI untuk menyalurkan bansos Covid-19 sebesar Rp 500 ribu per KK di lima kabupaten/kota, yaitu Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Sementara Tangerang Raya disalurkan oleh BJB dan BJB Syariah dengan alokasi Rp 600 ribu per KK.

Sebelumnya diberitakan, hingga 19 Mei 2020, bansos tahap pertama tersebut telah diterima 33.294 Kepala Keluarga (KK) terdampak Covid-19 di Banten dengan total anggaran Rp 21,822 miliar.

Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten, puluhan ribu KK penerima bansos tersebut tersebar di empat kabupaten/kota, yaitu Kota Tangerang (8.958 KK dengan nilai Rp. 5,374 miliar), Kota Tangerang Selatan (5.243 KK dengan nilai Rp. 3,145 miliar) Kabupaten Tangerang (17.651 KK sebesar Rp 10,590 miliar), dan Kabupaten Pandeglang (5.422 KK sebesar Rp 2,711 miliar). (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here