Bankeu Kota Serang, Dewan Nilai Ideal Rp 200 Miliar

SERANG, (KB).- Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi mengatakan pemberian bantuan keuangan provinsi kepada Pemerintah Kota Serang terbilang sangat kecil. Bahkan, di luar asas kepatutan sebagai bantuan bagi daerah yang notabene sebagai Ibukota Provinsi.

Menurutnya, bantuan keuangan tahun 2019 senilai Rp 40 miliar tidak ada bedanya dengan daerah lain di Provinsi Banten. Padahal, tuntutan pembangunan Kota Serang sangat tinggi, sehingga idealnya Bankeu tersebut mencapai Rp 200 miliar.

“Asas kepatutannya, asas kewajarannya gak ada. Rp 200 miliar juga wajar karena Kota Serang ibukotanya,” kata politisi Gerindra itu, Selasa (8/10/2019).

Ia kembali menegaskan jika seharusnya Kota Serang diistimewakan sebagai ibukota provinsi yang menjadi etalase daerah lain. “Ibukota provinsi masa segitu (Rp 40 miliar), harusnya dibedakan dengan kabupaten kota lain,” ucap dia.

Saat ini, ujar dia, dana bantuan keuangan provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat belum masuk dalam pembahasan APBD tahun 2020. Sehingga, dirinya belum mengetahui realisasi yang diberikan Provinsi Banten.

“Kalau untuk usulannya, Bappeda yang lebih tahu, karena kita tahu jika anggaran sudah masuk ke pembahasan kita,” ujar dia.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin belum menjawab saat dihubungi melalui sambungan telefon.

Sebelumnya, Wali Kota Serang Syafrudin juga berharap Kota Serang dibedakan dengan daerah lain di Banten untuk bantuan keuangan provinsi.

“Jadi ini harus diistimewakan dan sebagai kado provinsi bagi Kota Serang itu kami berharap bantuan provinsi tiga kali lipat dari sekarang,” kata Syafrudin, Kamis (3/10/2019).

Menurutnya, bantuan keuangan provinsi sangat membantu Kota Serang dalam melakukan pembangunan. Terlebih APBD Kota Serang masih terbilang kecil jika dibandingkan daerah lain di Banten.

Sementara, tuntutan pembangunan di Kota Serang sangat tinggi karena berstatus sebagai Ibukota Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan ke depan provinsi memperbanyak bantuan untuk Kota Serang sehingga Kota Serang ini ada sedikit perubahan, karena kalau tidak dibantu provinsi kami akan kewalahan dengan APBD kita yang kecil,” ujar dia. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here