Bankeu Kabupaten/kota pada APBD 2020 Diusulkan Bertambah Rp70 M

SERANG, (KB).- Badan Anggaran DPRD Banten memberikan sinyal akan adanya penambahan bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Banten ke kabupaten/kota pada APBD Banten 2020. Jumlah total penambahan yang diusulkan sebesar Rp 70 miliar yang diberikan kepada seluruh kabupaten/kota di Banten.

Adapun jumlah besaran penambahan bankeu yang sudah diketahui yaitu untuk Kabupaten Lebak dari Rp55 miliar pada APBD 2019 menjadi Rp65 miliar di 2020. Kemudian Kabupaten Pandeglang dari Rp50 miliar menjadi Rp55 miliar dan Kota Cilegon dari Rp40 miliar menjadi Rp45 miliar. Selanjutnya ada Kabupaten Serang dari Rp60 miliar menjadi Rp80 miliar.

Sementara besaran penambahan untuk kabupaten/kota lain belum diketahui. Berdasarakan catatan wartawan, pada APBD 2019 masing-masing kabupaten/kota lain mendapat bankeu Rp 45 miliar.

Ketua Harian Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Banten Muhlis mengatakan, usulan penambahan termasuk besarannya belum final. Kedepan masih mungkin terjadi perubahan-perubahan tergantung dinamika pembahasan yang berkembang.

“Misalnya ada empat wilayah yang pilkada, karena APBD tersedot untuk hibah KPU. Insya Allah ada penambahan, masih dinamis, kita lihat fiskalnya. Daerah yang lain juga tentunya dengan problematika yang berbeda,” katanya, Rabu (6/11/2019).

Tak hanya penambahan, dalam pembahasan berkembang usulan pengurangan anggaran beberapa OPD. “Ada kemungkinan bertambah ada juga dinas yang dipangkas karena tidak menjawab prioritas pembangunan,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here