Minggu, 23 September 2018

Bankeu Kabupaten/Kota Capai Rp 458 Miliar

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi Banten pada tahun anggaran 2018 ini mengalokasikan untuk bantuan keuangan (bankeu) bagi pemerintah kabupaten kota di Banten sebesar Rp 458,3 miliar. Bankeu dari Pemerintah Provinsi Banten untuk pemerintah kabupaten/kota tersebut masuk pada tahap verifikasi berkas atas usulan dan peruntukan bantuan keuangan tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Nandy Mulya mengatakan, proses verifikasi dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten.”Tadi rapat di Bappeda, dilakukan verifikasi atas usulan dan peruntukan bantuan keuangan. Peruntukan sesuai arahan itu untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur,” kata Nandy Mulya, Jumat (23/2/2018).

Menurut Nandy, setelah proses verifikasi selesai, kemudian sudah keluar payung hukum terkait bantuan tersebut, BPKAD baru akan menyalurkan kepada pemerintah kabupaten/kota.”Ada pergub pencairannya bertahap supaya ada fungsi kontrol dari provinsi tentang pelaksanaannya,” ujarnya.

Sebelum anggaran tersebut disalurkan, kata dia, Pemprov Banten telah menyelesaikan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) penggunaan anggaran tersebut. Dalam penyaluran Bankeu tahun ini terdapat perbedaan, yaitu penyaluran Bankeu tahun anggaran ini tidak bersifat periodik, namun bergantung pada daya serap Pemkab dan Pemkot atas sebagian anggaran Bankeu yang sudah disalurkan.

“Dibagi empat termin, termin pertama 20 persen dari jumlah bantuan keuangan, termin dua 30 persen, termin tiga 30 persen, termin empat 20 persen. Nah jadi sekarang tidak per triwulan,” ucapnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan sistem triwulan, sebelumnya terserap atau tidak terserap tetap disalurkan.

Namun untuk tahun sekarang kalau yang termin pertama sudah terserap, pemkab dan pemkot melaporkan realisasinya, kemudian termin selanjutnya akan dicairkan. Menurut Nandy, pola seperti ini dibuat agar pelaporan penyerapan anggaran Bankeu tidak mengalami kendala, sehingga tidak memengaruhi laporan keuangan pemerintah daerah.

Bantuan keuangan tersebut antara lain untuk Kabupaten Pandeglang sebesar Rp 65 miliar, Kabupaten Lebak Rp 78,3 miliar, Kabupaten Tangerang Rp 70 miliar, Kabupaten Serang Rp 90 miliar, Kota Tangerang Rp 30 miliar, Kota Cilegon Rp 30 miliar, Kota Serang Rp 30 miliar, dan Kota Tangsel Rp 65 miliar. (RI)***


Sekilas Info

47 Desa di Kabupaten Serang Terdampak Kekeringan

SERANG, (KB).- Sebanyak 47 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Serang kesulitan mendapatkan air bersih, karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *