Senin, 10 Desember 2018
Tumpukan sampah plastik yang dikemas secara rapi di sebuah bank sampah di Rangkasbitung.*

Bank Sampah Kian Diminati Warga

LEBAK, (KB).- Pengelolaan bank sampah yang sebelumnya dipandang sebelah mata, kini ternyata semakin diminati masyarakat. Berdasarkan pantauan Kabar Banten, hampir disetiap kelurahan atau desa di Lebak, kini sudah mulai merintis pengelolaan bank sampah, yang dianggap mampu menghasilkan keuntungan yang menjajikan.

Edi Junaedi, Ketua Lembaga Penggerak lapangan Bank Sampah tingkat Kabupaten Lebak, membenarkan pengelolaan bank sampah di Lebak yang sebelumnya tidak diminati, kini mulai dilirik masyarakat. Bahkan, di desa-desa sebagian warganya berinisiatif membentuk kelompok pengelola bank sampah.

”Khusus di Kecamatan Rangkasbitung, semua kelurahan dan desanya sudah lama memiliki kelompok pengelola bank sampah. Sedangkan dikecamatan lainnya kini mulai merintis, yang pada akhirnya bisa menguntungkan, seperti yang dirasakan kelompok pengelola bank sampah yang ada di Rangkasbitung,” ujar Edi Junaedi, Kamis (8/3/2018).

Selain menguntungkan secara finansial, ujarnya, pengelolaan bank sampah mampu mendidik masyarakat untuk memiliki keinginan, mengumpulkan sampah yang berada dimana saja untuk diperjualbelikan ke bank sampah. Dengan demikian, lingkungan masyarakat di perdesaan, kelurahan maupun perkotaan akan selalu terbebas dari sampah.

”Kami berharap, bagi masyarakat yang tidak memiliki kesibukan, maka sangat positif jika terjun ke pengelolaan bank sampah,” katanya. Mahpudin, warga Kampung Muhara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkabitung mengaku jika sebelumnya dirinya sangat tidak tertarik mengelola bank sampah.

Namun, karena mengetahui sangat menguntungkan, maka dirinya kini justru mengelola bank sampah di kampungnya. ”Di kampung kami, kini ada beberapa pengelola bank sampah. Awalnya kurang diminati, namun sekarang justru dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi warga,” tutur Mahpudin. (Lugay/Job)***


Sekilas Info

Ratusan RTLH di Kabupaten Lebak Akan Dapat Bantuan Rehab

LEBAK, (KB).- Sebanyak 319 rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan rendah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *