Bank Banten Salurkan Kredit Rp 178 M, Kadin Minta Pengusaha Lokal Diperhatikan

SERANG, (KB).- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten meminta Bank Banten sebagai bank milik Pemerintah Daerah Provinsi Banten meningkatkan perhatiannya kepada pengusaha lokal, terutama UMKM di Banten.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kadin Banten, Agus R Wisas mengatakan, lahirnya Bank Banten dua tahun lalu didasari dengan semangat untuk membantu para pengusaha besar maupun kecil (UMKM) demi kemajuan perekonomian di Banten. Namun, selama ini, keberadaan Bank Banten belum sepenuhnya dirasakan para pengusaha dan juga UMKM di Banten.

“Saya secara pribadi tidak ada kepentingan, karena tidak mengajukan kredit ke Bank Banten. Tapi, saya banyak mendapatkan keluhan dari para pengusaha kesulitan mendapatkan kredit dari Bank Banten,” katanya, Senin (9/4/2018).

Menurut analisis dia, skema kredit yang diberikan lebih besar bagi pengusaha di luar Banten, seperti di Sulawesi dan Sumatera Utara. Sementara, pengusaha lokal Banten begitu sulit untuk mendapatkan kredit.

Siap buka data

Direktur Utama (Dirut) Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa membantah pernyataan pihak Kadin Banten tersebut. Pihaknya siap membuka data mengenai perusahaan di Banten yang menggunakan fasilitas kredit dari Bank Banten.

Menurut dia, portofolio (laporan) kredit komersial per akhir Maret 2018 yang disalurkan kepada pengusaha di Provinsi Banten mencapai Rp 178 miliar, dengan jumlah nasabah 316 debitur. “Portofolio tersebut belum termasuk kredit kepada UMKM di Banten yang sudah mencapai Rp 82 miliar untuk 1.278 nasabah,” ujarnya. (Masykur/RI)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here