Bank Banten Dukung Layanan Samsat Online Nasional

Dirut Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa (Kanan) menghadiri acara Sosialisasi Samsat Online Nasional di Kota Serang, Selasa (23/4/2019).

SERANG, (KB).- PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (Bank Banten), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dan PT Jasa Raharja (Persero), kembali bersinergi dalam Pengembangan dan Pemanfaatan Aplikasi Layanan Samsat OnlineNasional Modern Channel untuk Pelayanan di Wilayah Administrasi/Hukum Provinsi Banten.

Hal tersebut terwujud dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa, Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, di Kota Serang, Selasa (23/4/2019).

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan, PKS ini merupakan perpanjangan kerja sama yang sebelumnya telah terjalin. “Kali ini, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat Banten, khususnya para wajib pajak di wilayah Banten, Bank Banten, Polri dan Jasa Raharja kembali bersinergi dalam hal pengembangan produk aplikasi layanan Samsat Online Nasional,” ujar Fahmi dalam siaran pers.

Fahmi mengatakan, pengembangan aplikasi layanan Samsat Online Nasional berupa pelayanan Pengesahan STNK, pembayaran secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) bisa dilakukan melalui Modern Channel. “Bank Banten terus mendukung layanan Samsat Online Nasional melalui e-Samsat Banten guna memudahkan masyarakat untuk membayar PKB dan SWDKLLJ di seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank Banten,” ujarnya.

Ke depan, Wajib Pajak (WP) akan semakin dimudahkan dengan pelayanan Samsat Online Nasional melalui Modern Channel.Modern Channel tersebut, pengembangannya akan terintegrasi dengan sistem e-Samsat Banten dan jaringan elektronik milik Bank Banten, sehingga proses pembayaran akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya,” ujar Fahmi.

Ia mengatakan, Samsat Online Nasional bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). “Diharapkan dengan terobosan ini bisa meningkatkan kesadaran para wajib pajak untuk melakukan kewajibannya dalam membayar pajak, selain itu prosesnya juga lebih mudah dan efisien.” ujarnya.

Guna menunjang program Samsat Online Nasional, Bank Banten terus melakukan penguatan infrastruktur dan menambah jumlah jaringan yang tersebar di Indonesia. Seperti penambahan jumlah ATM di ruang layanan publik seperti di Rumah Sakit, Kantor Pemerintahan yang melakukan pelayanan kepada masyarakat dan di pusat perbelanjaan serta mini market. (Rizki Putri/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here