Selasa, 11 Desember 2018

Bangun Jaringan Air di JLS Kota Cilegon, Perkim Gelontorkan Rp 4 Miliar

CILEGON, (KB).- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Cilegon menggelontorkan anggaran Rp 4 miliar untuk pembangunan jaringan air di Jalan Lingkar Selatan (JLS). Jaringan air dengan panjang 3,5 kilometer tersebut, rencananya akan dihibahkan ke Perusahaan Daerah Air Minum Cilegon Mandiri (PDAM CM).

Kepala Dinas Perkim Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra mengatakan, jaringan air akan dibangun mulai dari Ciwedus, Kecamatan Cilegon hingga Perumahan Pondok Cilegon Indah (PCI), Kecamatan Cibeber. “Panjangnya sekitar 3,5 kilometer,” katanya, Jumat (16/11/2018).

Ia menuturkan, pembangunan sudah dimulai sejak Oktober. Targetnya, pembangunan jaringan air akan selesai pertengahan Desember. “Pada dasarnya, kami hanya membangun jaringan air utama. Nanti untuk jaringan air ke rumah-rumah, yang membangun PDAM ,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Infrastruktur Kota pada Dinas Perkim Kota Cilegon, Edhie Hendarto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk antisipasi penambahan jaringan air ke rumah-rumah warga. Diameter pipa yang dipasang sekitar 30 sentimeter, dengan kedalaman sekitar dua meter.

“Perkim membangun setelah selesai dihibahkan ke PDAM, nanti bisa untuk penambahan jaringan pelanggan PDAM,” ucapnya.

Proyek penyediaan air bersih, saat ini juga dilakukan di wilayah Kecamatan Pulomerak. Namun, untuk di Pulomerak sistemnya bukan jaringan air dari PDAM CM, melainkan dari sumur bor.

“Kalau di Merak, Perkim tahun ini bangun tiga sumur bor, nanti ada penampungan. Warga di sekitar Pulomerak kondisi wilayahnya tinggi sulit air bersih bisa ambil di penampungan air di sekitar sumur bor. Kalau di wilayah Cibeber nanti jaringan air PDAM, jadi beda wilayah juga jaringan airnya berbeda,” tuturnya.

Direktur PDAM CM, Encep Nurdin menyambut baik pembangunan jaringan air baru tersebut. Nantinya, PDAM CM hanya menerima hibah aset tersebut. “Baru untuk jaringan ke rumah-rumah pelanggan nantinya PDAM CM,” katanya.

Saat ini, ujar dia, pelanggan PDAM CM sekitar 17.000 warga. Adanya penambahan jaringan air, diharap bisa untuk melayani penambahan pelanggan sekitar 1.500 pelanggan. “Jadi, target kami nanti ada sekitar 18.500 pelanggan di tahun depan, kami berharap, target bisa tercapai,” ucapnya.

Ia menuturkan, penambahan jaringan air di sekitar JLS Cilegon juga sebagai persiapan untuk menampung suplai air dari Bendungan Sindangheula yang sedang dibangun di Kabupaten Serang. Namun, kemungkinan suplai air dari Sindangheula sekitar 2024. Saat ini, produksi dari PDAM CM baru dari Waduk KTI (Krakatau Tirta Industri) saja yang ada di Krenceng, Kecamatan Citangkil. (AH)*


Sekilas Info

Jelang Pemilihan Calon Wakil Wali Kota Cilegon, PKS Lirik Reno

CILEGON, (KB).- Peta politik pada konstelasi pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon kini telah berubah. Tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *