Kamis, 21 Februari 2019

Bangun Bumi Perkemahan Pramuka di Cinangka, Pemkab Serang Anggarkan Rp 2,3 Miliar

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten Serang telah menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk membebaskan lahan bumi perkemahan pramuka seluas 3 hektar di Desa Bantar Baru, Kecamatan Cinangka. Adanya bumi perkemahan itu diharapkan bisa meningkatkan prestasi pramuka di Kabupaten Serang.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendapatkan lokasi bumi perkemahan pramuka tersebut. Lahan seluas 3 hektar itu kini tinggal dilakukan pembayaran.

“Lahannya sudah ada dan kita dapat, sudah di apresial dan harganya cocok sesuai dengan kemampuan kita,” ujar Pandji kepada Kabar Banten saat ditemui di pendopo Bupati Serang, Jumat (3/8/2018).

Pandji mengatakan, untuk tahun ini pihaknya masih fokus pengadaan. Sedangkan pada tahun 2019, rencananya sudah mulai dilakukan pembangunan fisik seperti tribun, joglo, mushala, lapangan dan kamar mandinya.

Dengan demikian, nantinya kegiatan pramuka akan dipusatkan di wilayah bumi perkemahan tersebut. Di lokasi tersebut, nantinya akan disiapkan kavling-kavling kwartir sepanjang 300 meter persegi. “Insyallah tahun ini baru bisa direalisasikan. Tahun depan bangunannya, sekarang pengadaan tanah,” katanya.

Ia menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan fisik sebesar Rp 500 juta. Sedangkan untuk tanah sebesar Rp 2,3 miliar. Sebelumnya, Pemkab Serang sempat merencanakan Bumi perkemahan di wilayah Mancak, namun kemudian setelah dianalisis daerah tersebut lebih membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk sampai ke lokasi diperkirakan harus membangun jalan sepanjang 6 kilometer.

Berbeda halnya dengan Cinangka, jalan yang harus dibangun hanya sepanjang 1 kilometer. “Selain itu bisa ada dua manfaat, yaitu jadi bumi perkemahan dan tempat outbond di alam pegunungan tapi ke pantai juga dekat. Jadi wisata gunung dan pantai dapat disana,” ucapnya.

Dirinya berharap, kedepan pramuka di Kabupaten Serang bisa terus mempertahankan prestasi yang sudah diraih. Karena ada prestasi nasionalnya kemarin kita di percaya menjadi pembawa panji nasional pada hari ulang tahun pramuka.

“Alhamdulillah tahun ini kita dipercaya lagi. Mungkin nanti 2019 kita tingkatkan lagi kegiatan yang lebih greget apakah kita akan jambore tingkat kabupaten. Yang pasti apa yang sudah dirintis oleh kepengurusan lalu kita harus pertahanakan dan tingkatkan,” tuturnya.

Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Banten, Muhamad Masduki mengakui, prestasi yang diraih oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Serang atas dukungan Pemkab Serang saat melaksanakan program pada setiap kegiatan yang dilakukan.

“Membawa panji pramuka tingkat nasional tidak bisa diikuti oleh setiap daerah. Padahal, yang terdekat adalah daerah Bogor, Depok Tanggerang, dan Bekasi (Bodetabek). Tetapi, Serang bisa membawa panji nasional sebanyak dua kali karena prestasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Serang sedang membuat Bumi Perkemahan (Bumper) sebagai wahana belajar bagi anggota pramuka di Kabupaten Serang. “Saya barusan mendapat informasi bahwa sudah ada lahan yang tersedia untuk Bumi perkemahan dan semoga pada tahun ini bisa digunakan,” katanya. (DN)*


Sekilas Info

Renstra Harus Sesuai Arah Pembangunan Kota Serang

SERANG, (KB).- Rencana strategis (Renstra) 2019-2023 dan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *