Bangun Asrama Haji, Kemenag Kabupaten Tangerang Siapkan Anggaran Rp 40 M

TANGERANG, (KB).- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang telah menyiapkan dana sebesar Rp 40 miliar yang berasal dari Pemerintah Pusat untuk membangun proyek asrama haji yang diperkirakan di Kecamatan Sepatan.

“Saat ini, kami masih menunggu dari Pemkab Tangerang soal persediaan lahan berupa hibah, karena dana sudah ada,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang Badri Hasun, belum lama ini.

Ia menuturkan, dana yang disediakan tersebut, merupakan milik Pemerintah Pusat (Kemenag) dan telah ada sejak setahun lalu. Pemilihan lokasi di Kecamatan Sepatan, karena dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang diperkirakan jarak 6,5 km.

Menurut dia, pihaknya telah membicarakan masalah persediaan lahan tersebut, dengan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Herry Harianto, beberapa waktu lalu.

Sementara, lahan yang disiapkan untuk asrama haji tersebut, sekitar tiga hingga empat hektare, termasuk sebagai areal penunjang lainnya. Ia mengatakan, ada beberapa keuntungan, jika asrama haji berada di Sepatan, karena selama ini harus ke Pondok Gede, Jakarta Timur.

Ia menuturkan, keuntungan pertama soal masalah waktu, akan lebih cepat, karena dekat bandara, kedua masalah ekonomi, bahwa berdampak pada lingkungan sekitar, karena mereka dapat menjual hasil kerajinan dan kuliner setempat.

Hal tersebut, karena setiap tahun jumlah calon haji asal Kabupaten Tangerang mencapai sebanyak 2.400 sampai 2.600 jemaah. Calon jemaah haji dari Kabupaten Tangerang merupakan paling banyak jika dibandingkan dengan tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Banten.

Padahal, setiap tahun Pemkab Tangerang telah memberikan hibah sebesar Rp 1 miliar hanya untuk biaya transportasi bagi jemaah yang hendak ke Asrama Haji Pondok Gede.

Sementara itu, Asda I Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Herry Heryanto mengatakan, pihaknya mendukung jika dibangun asrama haji di Sepatan.

Ia menuturkan, buktinya setiap tahun ada dana hibah, agar calon jemaah dapat menuju Asrama Haji Pondok Gede menggunakan kendaraan bus ukuran besar dengan nyaman. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here