Bangkitkan Koperasi untuk Ekonomi Rakyat

Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) bekerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Pandeglang akan menggelar rangkaian puncak HUT ke-72 Koperasi tingkat Kabupaten Pandeglang.

Acara puncak peringatan hari koperasi akan dimeriahkan dengan agenda jalan sehat dan pameran koperasi yang akan diisi oleh pelaku koperasi. Stand koperasi akan dilengkapi dengan produk-produk unggulan koperasi melalui UMKM.

Peringatan HUT koperasi tersebut mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0”. Dengan tema tersebut mengandung makna bahwa dunia koperasi harus terus ditingkatkan melalui peningkatan SDM dan manajemen koperasi secara sehat dan profesional.

Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Pandeglang, Drs. Cecep Gunawan, MPd didampingi H. Kamir Ketua pelaksana kegiatan HUT ke-72 Koperasi mengatakan, acara puncak peringatan koperasi ini akan dihadiri ratusan ketua koperasi, UMKM dan pelaku koperasi lainnya. Untuk memriahkan acara tersebut, panitia telah menyiapkan berbagai agenda, seperti jalan sehat, bakti sosial dan kegiatan perkoperasian.

“Iya, sebelumnya kita sudah melaksanakan diklat perkoperasian dalam rangka peningkatan SDM dan manajemen koperasi. Dengan diklat itu diharapkan para pelaku koperasi akan semakin maju membesarkan koperasi sebagai urat nadi perekonomian bangsa. Koperasi juga dituntut untuk terus berkreatif dan mandiri, sehingga bisa bersaing menghadapi era koperasi industri,” ujar Cecep.

Menurut Ketua pelaksana kegiatan, H. Kamir, rangkaian puncak HUT koperasi akan dibuka oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang ditandai dengan jalan sehat. Peserta jalan sehat tidak saja para pemilik koperasi, namun juga akan melibatkan instansi dan masyarakat.

“Panitia telah menyediakan doorprize berupa sepeda motor. Kami berharap acara bersifat sosial ini akan terus merangsang semangat koperasi di Pandeglang,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pandeglang, Tatang Muhtasar mengapresiasi pelaku koperasi yang menyelenggarakan acara puncak HUT koperasi. Kegiatan ini bisa sekaligus mengkampanyekan program dan gerakan koperasi di masyarakat.

“Keberadaan dunia koperasi memang belum mengalami reformasi total. Tetapi kita pelaku koperasi di daerah harus terus mengobarkan semangat koperasi sebagai urat nadi ekonomi bangsa,” ujarnya.

Menurut Tatang, maju mundurnya sebuah koperasi memang tergantung manajemen dan cara mengelola koperasi. Oleh karena itu, koperasi yang ada di daerah harus mampu bersaing dengan koperasi-koperasi di kabupaten/kota lain di Indonesia.

“Kita harus tetap semangat dan terus berkarya demi kemajuan dan kemandirian koperasi di tingkat kabupaten. Pemerintah pasti akan mendukung setiap program perkoperasian di Pandeglang,”ujarnya. (Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here