BAN-PT Visitasi Akreditasi Pascasarjana UIN SMH Banten

PENYERAHAN Dokumen Hasil Visitasi Dari Asesor Kepada Direktur Pada, pada Jumat (15/2/2019).*

SERANG, (KB).- Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, kedatangan 2 Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedatangan tersebut dalam rangka visitasi akreditasi program pascasarjana, yakni Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Turut hadir dalam visitasi tersebut, yaitu Perwakilan UIN Pusat Syarif Hidayatullah, Abdul Majid Khon, dan dari STAIN Tulungagung Imam Fuadi. Didampingi langsung oleh Ketua dan Sekretaris Prodi PAI UIN SMH Banten.

Rektor UIN Banten Fauzul Iman merasa bangga dan bersyukur, karena pengajuan borang akreditasi sudah diterima oleh BAN-PT. Sehingga bisa dilaksanakan visitasi akreditasi.

“Saya sangat antusias dengan adanya visitasi ini. Hal itu dimaksudkan agar seluruh jajaran manajemen pascasarjana, mampu memberikan yang terbaik untuk program pascasarjana kedepannya,” ucapnya, Jumat (15/2/2019).

Ia mengatakan, pentingnya pelaksanaan akreditasi pada program studi, akan mampu mendorong meningkatnya kualitas pendidikan pada perguruan tinggi. Sehingga, peningkatan kualitas prodi harus selalu dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas mutu kampus.

Seorang Asesor BAN-PT Imam Fuadi mengatakan, visitasi akreditasi dilakukan setelah pengajuan borang akreditasi disetujui oleh Dewan Eksekutif. Kemudian akan diutus visitor untuk memvalidasi borang, yang diajukan dengan langsung melakukan pengecekan di kampus terkait.

“Tugas kami hanya memverifikasi bahan yang ada di lapangan, dan mengecek hasil usulan yang ada di borang akreditasi. Nanti dewan eksekutif yang akan memberikan nilai. Oleh karena itu, kami berharap semua bahan yang dibutuhkan dalam penilaian bisa dihadirkan,” ucapnya.

Ia berharap, semua kampus PTKIN mampu bersaing secara kompetitif, dalam rangka menghasilkan manusia-manusia yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Verifikasi data akan dibagi menjadi 2 kelas, yaitu penilaian borang akreditasi prodi, dan penilaian borang institusi pascasarjana. (Besta/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here