BAN-PT Assesmen Prodi Komputerisasi Akuntansi Unbaja

SERANG, (KB).- Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengunjungi Kampus dua Universitas Banten Jaya (Unbaja), Kamis-Sabtu (9-11/5/2019). Kunjungan tersebut dalam rangka assesmen program studi (Prodi) Komputerisasi Akuntansi (KA) Fakultas Ilmu Komputer.

Tim Asesor BAN-PT yang hadir yaitu Ali Masjono SE, MBIT dari Politeknik Negeri Jakarta dan Dra Ani Sri Murwani Kumara Kapti MM, Ak dari Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta dengan surat Tugas nomor 1585/BAN-PT/SPT-AK/A/2019.

Rektor Unbaja Sudaryono mengatakan, prodi komputerisasi akuntansi merupakan salah satu program Diploma Tiga yang ada di Fakultas Ilmu Komputer Unbaja yang melakukan re-akreditasi pada tahun 2019. “Kami berharap ada peningkatan status akreditasi yang saat ini sudah dimiliki oleh prodi komputerisasi akuntansi,” ujarnya, Jum’at (10/5/2019).

Sementara itu, Ketua Yayasan Banten Jaya Berkarakter H. Suba’i mengatakan, bahwa program studi komputerisasi akuntansi bermula dari lembaga pendidikan non-formal, Banten Progressive Course (BPC-Serang) tahun 1990, kemudian menjadi Lembaga Ilmu Computer dan Manajemen Indonesia (LICMI BPC-Serang) setara Diploma I (D-I) tahun 1994. “Tahun 1999 diubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK) Banten Jaya dengan komputerisasi akuntansi sebagai salah satu prodi pada program diploma tiga,” ungkapnya.

Tim Asesor mengungkap bahwa beberapa informasi tambahan telah diperoleh. “Yang sebelumnya belum terungkap pada dokumen fakultas dan program studi, diharapkan dapat memberikan poin yang lebih baik meskipun tetap melalui proses validasi dewan eksekutif dan dapat diketahui paling cepat 3 (tiga) hari kerja,” ujar Ani.

Sementara, Ali Masjono mengapresiasi budaya menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kampus Unbaja, dimana acara-acara resmi sudah bilingual. “Khusus pada program studi komputerisasi akuntansi, kami memberikan berbagai saran perbaikan diantaranya untuk lebih berinovasi dalam mengembangkan prodi komputerisasi akuntansi. Bahkan lebih jauh dapat ditingkatkan dari semula D-III menjadi program D-IV,” ujarnya.

Asesmen lapangan tersebut diakhiri dengan penyerahan rekomendasi dan berita acara pelaksanaan asesmen lapangan dari asesor kepada dekan fakultas ilmu komputer Unbaja Edy Rakmat dan kepala program studi Komputerisasi Akuntansi Rizki Fathuloh. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here