BAN-PT Akreditasi B Prodi PPKn Unbaja

Penyerahan sertifikat Akreditasi program studi PPKn Universitas Banten Jaya.*

SERANG, (KB).- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan status Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Banten Jaya (Unbaja) dengan peringkat terakreditasi B, Rabu (21/5/2019).

Kepastian tersebut diperoleh dari laman http://Sapto.banpt.or.id Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1630/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 Tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Program Sarjana Universitas Banten Jaya, Kota Serang Tanggal 21 Mei 2019 telah menetapkan Status Akreditasi dengan Peringkat Terakreditasi B (Nilai 323) dan berlaku selama 5 (lima) tahun terhitung mulai 21 Mei 2019 s.d. 21 Mei 2024.

Diketahui, asesmen lapangan terhadap prodi PPKn Unbaja telah dilakukan pada tanggal 13-15 Mei 2019 oleh Tim Asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran., M.Pd dari Universitas Negeri Manado dan Dr. Dra. Rili Windiasih, M.Si dari Universitas Jendral Soedirman dengan surat tugas nomor 1708/BAN-PT/SPT-AK/A/2019.

Kepala Program Studi (Kaprodi) PPKn Unbaja, Lina Marlina menyampaikan rasa syukurnya atas raihan peringkat akreditasi tersebut. Pihaknya akan berupaya meningkatkan prestasi dosen dan mahasiswa PPKn di bidang penelitian dan pengabdian serta peningkatan jabatan akademik dosen serta meningkatkan jumlah rasio mahasiswa dan Dosen termasuk didalamnya penyesuaian kurikulum dengan dunia kerja.

“Tujuan Prodi PPKn mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan dapat diserap oleh pasar kerja baik di bidang pendidikan ataupun non pendidikan dapat lebih baik,” ujar Lina.

Sementara itu, Dekan FKIP Unbaja, Chotibul Umam mengatakan, peringkat terakreditasi B yang saat ini telah diraih oleh prodi PPKn FKIP Unbaja tersebut merupakan peningkatan dari peringkat sebelumnya.

“Penilaian yang dilakukan oleh asesor BAN-PT sesuai dengan standar yang ditentukan, seperti visi dan misi, tata pamong, tata kelola mahasiswa, rasio mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat, fasilitas, keuangan, hingga penggunaan Teknologi Informasi (IT) juga diaudit dan dinilai, termasuk dari aspek kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa peringkat terakreditasi B yang diperoleh prodi PPKn, harus dapat lebih meningkatkan tri darma Perguruan Tinggi, kurikulum berbasis KKNI, penelitian, pengabdian dosen serta implementasi kerjasama lebih ditingkatkan kembali, katanya.

Salah satu dosen prodi PPKn Unbaja, Aryanti mengaku bangga atas capaian peringkat akreditasi tersebut. “Kerja keras tim dosen prodi PPKn dapat membuahkan hasil yang manis, dan semoga dapat terus ditingkatkan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa prodi PPKn Unbaja semester akhir, Ibnu Wijaya menyambut baik peringkat terakreditasi B oleh BAN-PT disaat dirinya sedang menyusun tugas akhir. “Saat lulus nanti, dapat menambah berbagai peluang bagi lulusan prodi PPKn Unbaja, terutama untuk dapat diserap di pasar tenaga kerja,” ujar Ibnu.

Wakil Rektor Unbaja, Sutanto mengatakan, selain prodi PPKn, dua prodi lainnya juga telah memperoleh keputusan BAN-PT yaitu Prodi Teknik Sipil (S-1) dan Prodi Kompterisasi Akuntansi (D-III) dimana keduanya berstatus terakreditas dengan peringkat terakreditasi masing-masing C dan B. “Masih terdapat 5 (lima) prodi Unbaja yang belum memperoleh jadwal visitasi dari tim asesor BAN-PT,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here