Rabu, 26 September 2018

Bahas Radikalisme, Ulama Banten Kumpul di Korem 064/MY

SERANG, (KB).- Ribuan tokoh agama, ulama, dan pimpinan pondok pesantren (ponpes) memenuhi GOR Maulana Yusuf, Makorem 064/Maulana Yusuf Serang, Jumat (25/5/2018). Selain agenda silaturahim Danrem 064/MY dengan para tokoh, juga dibahas mengenai ancaman gerakan radikalisme.

“Kegiatan silaturahim Danrem dengan tokoh agama dan ulama se-Provinsi Banten memang sengaja kami buat yang pertama dalam rangka ulang tahun Kodam ke-72, ulang tahun Korem ke-52, dan juga saya ingin Korem lebih dengan ulama,” kata Danrem 064/MY, Budi Hariswanto, seusai kegiatan.

Ia mengatakan, TNI bersama ulama sepakat untuk menangkal dan mengikis gerakan radikalisme yang saat ini marak terjadi. Ia berharap, kepada ulama dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Banten, terlebih Banten terkenal sebagai daerah yang religius.

“Kami sama-sama dari FSPP (Forum Silaturahmi Pondok Pesantren), ulama, juga semuanya dari provinsi, DPRD sepakat bersama-sama mengikis gerakan radikal di Provinsi Banten,” ujarnya.

Ia mengapresiasi langkah pemprov yang akan menganggarkan satu persen dari jumlah APBD untuk melawan radikalisme. “Itu suatu perhatian yang bagus dari provinsi untuk masyarakatnya,” ucapnya.

Sementara, Pimpinan Ponpes Al-Islam Kota Serang, Enting Abdul Karim menuturkan, silaturahim tersebut ditujukan untuk menangkal gerakan radikalisme yang kembali marak. Meski begitu, dia mewanti-wanti salah arti dalam memaknai radikalisme.

“Sekarang ini kan musuhnya terorisme dan paham-paham itu perlu dikikis bersama. Jangan sampai pemahaman radikalisme ini salah arti, yang pakai cadar semuanya dianggap radikal, yang pakai celana cingkrang dianggap radikal, itu kan salah,” tuturnya.

Ia mengapresiasi upaya TNI untuk lebih dekat dengan masyarakat dan ulama. Menurut dia, saat ini kedekatan tersebut sudah dirasakan.

“Alhamdulillah, TNI hari ini terutama Babinsa, Danramil sangat dekat sekali dengan masyarakt, dan itu harus dipertahankan,” katanya. (Masykur/RI)*


Sekilas Info

HUT ke-492 Kabupaten Serang, Pemkab Serang Akan Pamerkan Inovasi di Pasar Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berencana memamerkan puluhan inovasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *