Bagian Kesbangpol Pemkab Serang Usul Ubah Status Jadi Badan

Dikdik Abdul Hamid, Kepala Sub Bagian Politik Dalam Negeri (Poldagri) Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang.*

SERANG, (KB).- Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan mengusulkan perubahan status menjadi badan atau kantor dalam waktu dekat.

Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik.

Kepala Sub Bagian Politik Dalam Negeri (Poldagri) Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang Dikdik Abdul Hamid menuturkan, pembentukan bagian menjadi kantor atau badan juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik.

Menurut dia, setahun setelah permen tersebut, berlaku harus sudah terbentuk. Artinya, pada 2020 harus sudah terbentuk. Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang.

“Langkah kami, mungkin kami akan koordinasi dengan pak asisten, kami buatkan dulu suratnya ke beliau nota dinasnya ke ibu (Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah), nanti arahan ibu seperti apa kami akan rembuk dengan organisasi,” katanya saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/3/2019).

Ia menjelaskan, dengan status Kesbangpol yang saat ini masih bagian tentu hierarkinya cukup panjang. Sebab, laporan pertanggungjawaban kepala bagian tidak seperti Kepala Kantor atau Badan Kesbangpol yang bisa langsung ke sekda atau bupati tanpa melalui asisten.

“Jadi, kalau bagian kami masih berjibaku di Setda, karena pimpinan kami asisten, tapi kalau untuk kewenangan sama saja,” ujarnya.

Ia menuturkan, untuk Provinsi Banten ini rata-rata sudah menjadi kantor atau badan, sementara yang masih bagian Kesbangpol hanya ada di Kabupaten Serang. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here