Bagi Sekolah Belum Lakukan US, Sekolah Diimbau Gunakan Portofolio Nilai Rapor

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten mengimbau agar pelaksanaan ujian sekolah (US) dilakukan menggunakan dalam bentuk portofolio nilai rapor, prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan yang dilakukan daring atau asesmen jarak jauh lainnya.

“Bagi sekolah yang telah melaksanakan ujian sekolah dapat menggunakan nilai ujian sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Sedangkan untuk sekolah yang belum melaksanakan US ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir,” kata Kepala Dindikbud Banten M Yusuf, Senin (30/3/2020).

Ia menjelaskan, nilai semester genap kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan, dan kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

“Kenaikan kelas dilaksanakan dengan memperhatikan nilai ujian akhir semester, dalam bentuk tes yang dilakukan dengan pembelajaran daring, tidak boleh mengumpulkan siswa, serta dapat dilakukan dengan portofolio nilai rapor,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) dilaksanakan dengan mekanisme yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah.

Sementara itu, untuk PPDB pada Jalur Prestasi mempertimbangkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, dan/atau prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah.

“Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan untuk pengadaan barang sesuai kebutuhan sekolah termasuk untuk membiayai keperluan dalam pencegahan Covid-19, seperti penyediaan alat kebersihan, hand sanitizer, disinfektan, dan masker bagi warga sekolah serta untuk membiayai pembelajaran daring,” ucapnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here