Bagi Penyintas Tsunami Selat Sunda di Panimbang, LAZ Harfa dan Yayasan PR Salurkan Bantuan Perahu dan Gerobak

PANDEGLANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Banten bersama Yayasan Pikiran Rakyat (PR) dan PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit HU Kabar Banten), menyalurkan bantuan perahu nelayan dan gerobak bagi korban bencana tsunami Selat Sunda, di Kampung Sindang Sari, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Senin (19/8/2019).

Acara tersebut dihadiri Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna, Direktur LAZ Harfa Indah Prihanande, Manajer Fundraising LAZ Harfa Banten Muhamad Mukri, dan Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit HU Kabar Banten) Rachmat Ginandjar mewakili Yayasan Pikiran Rakyat.

Dalam sambutannya, Direktur LAZ Harfa Indah Prihanande menjelaskan, bantuan perahu dan gerobak bagi para penyintas tsunami Selat Sunda di Panimbang ini berasal dari Yayasan Pikiran Rakyat. Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pikiran Rakyat dan pembaca HU Pikiran Rakyat yang sudah peduli terhadap warga Banten yang terkena musibah bencana. “Semoga amal ibadah Yayasan Pikiran Rakyat dan pembacanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT,” katanya.

Menurut Indah, jumlah bantuan perahu di Desa Panimbang ini sebanyak 10 unit. Sementara bantuan gerobak sebanyak 11 unit. “Masyarakat benar-benar merasa bersyukur atas bantuan ini karena perahu bantuan ini sudah dilengkapi dengan mesin. Sementara sebelumnya kalau melaut dengan perahu, mereka biasa menggunakan dayung,” ucap Indah.

Menurut Manajer Fundraising LAZ Harfa Banten Muhamad Mukri, peluncuran bantuan perahu dan gerobak bagi penyintas tsunami Selat Sunda itu merupakan peluncuran tahap pertama. “Insya Allah peluncuran tahap berikutnya akan digelar di tempat-tempat terdampak tsunami lainnya di Banten,” ucapnya.

Menurut Muhamad Mukri, sejauh ini LAZ Harfa sudah memberikan bantuan perahu mencapai 250 unit di beberapa tempat. “Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan kepercayaan kepada LAZ Harfa untuk menyalurkan bantuan tersebut,” tuturnya.

Dia berharap bantuan perahu dan gerobak tersebut bisa membantu memulihkan perekonomian para korban bencana tsunami. “Semoga bantuan ini barokah,” katanya.

Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Pikiran Rakyat, HU Kabar Banten, dan LAZ Harta yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat korban tsunami di Kecamatan Panimbang.

“Dengan adanya bantuan tersebut, tugas saya sebagai camat tentu saja sangat terbantu. Oleh karena itu, saya benar-benar mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang peduli kepada masyarakat kami. Ini sebenarnya tanggung jawab kami,” katanya.

Sumbangan pembaca

Sementara itu, mewakili Yayasan Pikiran Rakyat, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit HU Kabar Banten) Rachmat Ginandjar menjelaskan, bantuan untuk penyintas tsunami Selat Sunda yang disalurkan oleh LAZ Harfa ini berasal dari sumbangan para pembaca HU Pikiran Rakyat.

“Jadi, kami juga mendapatkan amanah untuk menyampaikan bantuan ini secara tepat dan alhamdulillah LAZ Harfa sudah mendistribusikan bantuan ini secara baik. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Rachmat berharap para penerima bantuan bisa memanfaatkan perahu dan gerobak ini secara baik sehingga bisa menjadi sarana mata pencaharian masyarakat. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu mengembalikan perekonomian masyarakat yang semat terganggu oleh bencana tsunami,” ucapnya. (Ade Taufik/IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here