Azerbaijan Kepincut Pencak Silat dan Debus

Dubes Azerbaijan Jalal Mirzayev saat berbincang dengan Wali Kota Serang Syafrudin, di ruang kerjanya, Senin (2/12/2019).*

KEDUTAAN Besar Azerbaijan tertarik untuk melakukan pertukaran budaya dengan Kota Serang. Mereka melirik budaya pencak silat dan debus Banten. Hal itu terungkap usai kedatangan Duta Besar (Dubes) Azerbaijan Jalal Mirzayev di Kota Serang, Senin (2/12/2019).

Kedatangan rombongan kedubes negara pecahan Uni Soviet ini disambut langsung Wali Kota Serang Syafrudin di ruang kerjanya.

Dubes Azerbaijan Jalal Mirzayev mengatakan, pihaknya tertarik untuk mempelajari ragam budaya di Kota Serang terutama debus. Dirinya siap melakukan pertukaran budaya dengan Kota Serang.

“Kota Serang mempunyai aneka ragam budaya yang bagus untuk dipelajari dan nantinya akan dipromosikan,” kata Jalal saat ditemui usai bertemu dengan Wali Kota Serang Syafrudin.

Ia mengatakan, kedatangannya di Pemkot Serang sebagai langkah awal agar terjalin kerja sama dalam bidang budaya. Selanjutnya, rencana pertukaran budaya itu akan ditindaklanjuti lebih serius lagi.

“Kami juga akan promosikan kebudayaan ke Kota Serang sehingga bisa terjalin pertukaran budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan bahwa dubes dari negara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia itu tertarik dan ingin mempelajari kebudayaan di Kota Serang.

“Pada audiensi hari ini beliau menyatakan ingin melihat kondisi Kota Serang. Ingin mempelajari sekaligus melihat kebudayaan Kota Serang. Kebudayaan itu yang terkenal di Kota Serang itu debus dan wisata religi Banten Lama,” katanya.

Ia berharap, kedatangan Dubes Azerbaijan itu bisa positif dalam sisi kebudayaan Kota Serang. Bahkan, selain budaya diharapkan akan ada investasi di Kota Serang yang bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang.

“Mudah-mudahan hasil yang dipelajari di Kota Serang bisa berujung pada investasi,” tuturnya. (Masykur Ridho)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here