Atlet Kota Serang Sumbang 6 Emas, Banten Juara Umum Kejurnas Muaythai

SERANG, (KB).- Kontingen Banten berhasil meraih titel juara umum pada ajang Kejurnas Muaythai, yang berlangsung di Gelanggang Remaja Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang, 27-30 September. Kepastian tersebut setelah Banten meraih 8 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Menariknya, 6 dari 8 medali emas tersebut disumbangkan oleh atlet muaythai asal Kota Serang, yakni Miftahul Jannah (kelas -43 kilogram senior putri), Dede Dina (kelas -54 kilogram senior putri), Gita Gemilang (kelas -65 kilogram senior putri), Aldi Firmansyah (kelas -48 kilogram junior putra), Arif Imam Nugroho (kelas -63 kilogram junior putra), dan Rizaldus Weka (kelas -71 kilogram senior putra). Sementara 2 emas lainnya diraih atlet Pandeglang atas nama Argia Widianingsih (kelas -60 kilogram putri kadet) dan Ahmad Irvab Setiawan (kelas -75 kilogram senior putra).

Ketua Umum KONI Kota Serang, Deni Arisandi mengaku bangga. “Syukur alhamdulillah enam atlet kita mampu meraih prestasi maksimal dan membantu Banten meraih titel juara umum Kejurnas Muaythai Mahasiswa dan Pelajar 2018,” kata Deni ditemui usai pengalungan medali, kemarin.

Namun, pria berkacamata itu meminta kepada seluruh atlet tidak berpuas diri. Soalnya, Kota Serang membutuhkan tenaga mereka untuk berprestasi di ajang Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) V Banten pada 4-11 November nanti di Kabupaten Tangerang. “Pesan saya teruslah berlatih. Jangan puas sampai di sini dan kami membutuhkan tenaga dan kemampuan kalian di porprov,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Umum Pengurus Provinsi Muaythai Indonesia (Pengprov MI) Banten, Roni Alfanto mengatakan, dari awal pihaknya tidak memasang target menjadi juara umum pada ajang kejurnas tersebut. Meski tidak memasang target, atlet Banten justru mampu menjawab ekspektasi Pengprov MI Banten dengan menjadi juara umum.

“Prestasi terbaik atlet Banten (meraih juara umum) dan menunjukkan kesiapan kejurnas yang akan kembali diselenggarakan akhir tahun ini dan kesiapan PON Papua,” ucap Roni.

Ia berharap titel juara umum menjadi batu loncatan bagi atlet Banten agar mampu menembus tim nasional (timnas) pada SEA Games Filipina 2019. “Mudah-mudahan ini menjadi batu loncatan untuk menghadapi kejurnas nanti sehingga ada atlet Banten yang membawa merah putih di Sea Games nanti,” kata Roni.

Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengatakan, kejurnas tersebut baru pertama dilaksanakan. Ia bersyukur Banten berhasil menyabet juara umum. “Tentu diapresiasi sekali (menjadi juara umum). Mudah-mudahan ini menjadi bibit-bibit unggul Banten untuk event yang lebih atas lagi,” ujar Rumiah saat ditemui di lokasi.

Ia menjelaskan, ajang kejurnas tersebut juga sebagai persiapan atlet Banten yang menghadapi Porprov Banten 2018 dan Pra PON Papua 2019. Ia berharap atlet Banten dapat bersaing di pra PON 2019. “Jika perlu sebanyak-banyaknya (ikut pra PON), karena tahu sendiri target kami yang disampaikan oleh Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur yang 10 besar itu,” kata Rumiah. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here