Atasi Genangan Air, Pemkot Serang akan Bangun Sodetan Drainase Trondol

SERANG, (KB).- Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin meninjau perbaikan drainase di terowongan Trondol, Kaligandu, Kota Serang, Jumat (15/2/2019). Rencananya, pemkot Serang akan membangun sodetan agar lokasi tersebut tidak tergenang jika turun hujan.

“Jadi ini dari ujung akan dicari titik terendah sampai ke Sungai Kaligandu. Nanti juga rencananya akan dibuat sodetan, supaya kalau hujan, terowongan ini tidak ada genangan,” kata Subadri, ditemui di lokasi.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan pekerjaan berjalan secara baik dan menyeluruh. “Seperti yang kita tau, kalau di sini kan sering terjadi genangan air. Jadi ini dilakukan untuk menghindari hal tersebut. Sekaligus mengurai kemacetan,” kata mantan Ketua DPRD Kota Serang ini.

Rencananya saluran drainase tersebut akan disambung hingga ke Sungai Kaligandu dan mencari titik terendah aliran air agar tidak ada lagi genangan di sekitar terowongan.

Menurutnya, persoalan tersebut yang selalu menjadi soroton di Kota Serang. Oleh karena itu, kata dia, Pemkot Serang berusaha mencari cara dalam menangani kemacetan dan genangan air di terowongan Trondol.

“Kota Serang ini masih ada kendala terkait terowongan Trondol yang selalu tergenang. Kami juga tadi meninjau untuk mencari jalan bagaimana caranya debit air itu tidak tersendat,” katanya.

Menurut Subadri, permasalahan tersebut tidak hanya dibebankan pada Pemkot Serang. Tapi juga melibatkan Provinsi Banten dan pengelola jalan tol.

“Kami juga sambil menunggu sejumlah pihak terkait permasalahan ini. Seperti provinsi dan pihak jalan tol untuk duduk bersama dalam mengatasi kemacetan yang ada di terowongan Trondol,” ujarnya.

Saat ini, pengerjaan drainase hanya dilakukan sebatas pelebaran dan pengerukan. Setelah selesai, nantinya akan dibuatkan beberapa sodetan untuk menanggulangi banjir atau genangan air ketika musim hujan.

“Jadi ini pengerjaannya hanya melebarkan selokan atau drainase. Kemudian diurut hingga ke Sungai Kaligandu. Dan ke depannya nanti akan dibuatkan sodetan. Tujuannya mengurangi dan mencegah adanya genangan air, khususnya yang ada di terowongan,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan kepada camat dan Lurah Serang agar sama-sama menjaga lingkungan dan mengadakan program Jumat bersih. Hal itu untuk menghindari adanya sampah yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air.

“Ini juga kami mencari cara supaya terowongan Trondol ini tidak banjir ketika di musim hujan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Serang M Ridwan mengatakan, perbaikan drainase tersebut akan dilakukan secepatnya.

“Sudah tiga hari dikerjakan, dan nanti akan secepatnya kami selesaikan. Karena kalau berlama-lama justru akan menimbulkan kemacetan,” katanya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here