Minggu, 22 April 2018

Asyiknya Berwisata di Pantai Gope

ADA hal unik saat kita berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Karangantu, Kasemen, Kota Serang. Di lokasi tersebut ada dermaga yang dijadikan tempat selfie para wisatawan. Tidak sekadar pamer pose, saat pengunjung berada di lokasi dapat menikmati keindahan pantai. Aktivitas perahu nelayan yang hilir mudik menambah suasana pengunjung untuk berfoto bersama keluarga.

Wisata Pantai Gope tersebut dihiasi panorama air laut yang tenang dan bersih. Dan di sekitar lokasi banyak dijumpai tanaman bakau yang hijau. Uniknya, pantai tersebut memiliki nama yang tidak wajar. Pantai itu dikenal dengan sebutan Pantai Gope.

Salah seorang warga Karangantu, Satria mengatakan, sebutan Pantai Gope itu berawal dari cerita pengunjung wisata. Setiap wisatawan yang masuk ke lokasi membawa kendaraan akan dipungut biaya sebesar Rp 500 atau gope. ”Disebut Pantai Gope karena bayar masuk kendaraan sekaligus parkirnya gope,” ujar Satria.

Meski tidak ada lokasi untuk berenang, Pantai Gope sudah mulai bergeming di telinga masyarakat Banten khususnya warga Serang. Terbukti, setiap memasuki akhir pekan lokasi tersebut banyak dipadati wisatawan.  Pelabuhan Karangantu ini memiliki nilai sejarah. Sebab, pernah mengalami masa kejayaan pada zaman kerajaan Banten.

Saat ini pelabuhan yang menjadi objek wisata terus berbenah. Meski demikian, lokasi wisata tersebut adalah bangunan dermaga untuk kapal-kapal nelayan bersandar. ”Setiap akhir pekan lokasi tersebut dipadati pengunjung. Warga sekitar juga memanfaatkan aktivitas menjamu wisatawan dengan kuliner lokal,” ucapnya.

Para wisatawan yang singgah tidak saja menikmati indahnya pemandangan. Tetapi pengunjung yang gemar mancing bisa melampiaskan hobinya di lokasi. Sebab di pantai tersebut terdapat spot-spot untuk aktivitas mancing. Menurut Satria, wisata dermaga ini cukup murah di Banten. Ia sering berlibur ke pantai tersebut sambil membawa perlengkapan mancing.

“Asyik deh. Saya bisa menikmati keindahan pantai sambil melemparkan joran pancing di Pantai Gope. Selain memancing ikan menggunakan kail, saya bisa memancing ikan dengan cara jebakan menggunakan botol bekas yang di potong bagian bawahnya, diikat tali, kemudian botol tersebut diberi taburan tepung sebagai umpannya. Tidak lama, ikan tertarik masuk botol jebakan,” ujarnya.

Ternyata, Pantai Gope ini memiliki beragam kekayaan ikannya. Beragam jenis ikan seperti ikan kakacangan, kakap, dan kerapu. Tetapi itu hanya sekadar dipancing dan tidak dijual. Ya, untuk mancing ikan jenis belanak, tidak usah pakai joran dan kail. “Ya, cukup pakai botol jebakan, ikan-ikan itu bisa terperangkap.

Pokoknya kita ketagihan saat berwisata sambil mancing ikan di Pantai Gope,” tuturnya. Meski demikian, Satria melihat keamanan pantai ini belum maksimal. Para wisatawan harus berhati-hati saat tiba di lokasi. Karena belum ada petugas penjaga pantai yang memberikan rasa aman bagi pengunjung wisata. (Masykur/Job)***


Sekilas Info

Pagerbatu Layak Jadi Destinasi Wisata Alam

Kabupaten Pandeglang sebagai kota badak terkenal dengan beragam potensi wisata. Simbol badak cula satu logonya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *