Asyik Nyabu di Bahu Jalan Tol, Seorang Pria Diamankan

Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Induk Ciujung menangkap seorang pria berinisial AB (36), warga Kronjo Kapuran, Kabupaten Tangerang. Ia diamankan setelah kedapatan sedang asyik mengonsumsi sabu di bahu Jalan Tol Tangerang – Merak, KM 40, tepatnya di Jalan Sevron, Balaraja, Sabtu (8/12/2018) dini hari.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, penangkapan itu bermula saat dua orang petugas PJR Tol Induk Ciujung sedang berpatroli. Setibanya di lokasi, kedua petugas tersebut melihat satu unit mobil Toyota Fortuner nopol A 1633 ZT sedang terparkir di bahu jalan tol.

“Awalnya, petugas kami hanya ingin melakukan pengecekan. Tapi pada saat dilakukan pengecekan, petugas mendapati AB sedang asyik menghisap diduga narkotika jenis sabu di bangku pengemudi,” kata Kepala Tol Induk PJR Ciujung Korlantas Polri AKP Rikky Akmajaya, Ahad (9/12/2018).

Karena diduga mengonsumsi sabu, petugas mengamankan AB beserta barang bukti sabu dan alat hisapnya. Setelah dilakukan penggeledahan, petugas juga menemukan lima botol minuman keras berkadar alkohol tinggi berbagai macam merek di dalam kendaraan.

“Kami juga menemukan miras (minuman keras) di sana. Guna kepentingan penyelidikan, pelaku beserta kendaraan dan barang buktinya kami amankan ke kantor,” ujarnya.

Setelah mengamankan pelaku, pihaknya berencana menyerahkan pengungkapan kasus narkoba di dalam tol itu ke Satuan Reserse Narkoba Polres Tangerang untuk ditindaklanjuti. “Kami hubungi Satuan Narkoba Polresta Tangerang untuk tindak lanjut kepemilikan narkotika ini,” tuturnya.

Ia mengimbau agar pengemudi menjaga stamina dan tidak mengonsumsi narkoba pada saat berada di jalan tol. Sebab, hal itu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan dan ikut membahayakan orang lain. “Mengemudi saat terpengaruh narkoba jelas sangat berbahaya, karena mengemudi dalam keadaan tidak sadar,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku AB terancan dijerat Pasal 111 dan 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 4 hingga 12 tahun penjara. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here