Asuransi Kecelakaan Laut, Pemkab Lebak Targetkan 2.000 Nelayan

LEBAK, (KB).- Sebanyak 2.000 nelayan yang tersebar di 11 tempat pelelangan ikan (TPI) menjadi target utama Pemkab Lebak untuk mendapatkan asuransi kecelakaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Rizal Ardiansyah menyatakan, adanya jaminan asuransi itu tentu sangat bermanfaat bagi keluarga nelayan jika mengalami kecelakaan laut.

”Seperti pekarja atau profesi lainnya, nelayan juga memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi, terlebih saat cuaca buruk disertai gelombang tinggi dan angin kencang. Kami optimistis target asuransi 2.000 nelayan bisa terealisasi tahun 2017,” ujar Rizal Ardiansyah, Jumat (28/7/2017). Dana asuransi yang diterima ahli waris korban, ujar Rizal, sangat membantu untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

Dan bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha serta untuk membiayai pendidikan anak. ”Sebagai contoh, pada dua kasus kecelakaan yang dialami nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak, pihak ahli waris masing-masing menerima dana asuransi sebesar Rp 160 juta. Dana asuransi itu tentu memberikan manfaat yang sangat besar bagi keluarga ahli waris,” ucapnya.

3.600 jiwa bisa dijamin asuransi

Untuk memastikan adanya jaminan asuransi bagi nelayan, pihaknya terus mengusulkan nelayan menerima kartu asuransi dari KKP secara bertahap, sehingga seluruh nelayan yang terdata sebanyak 3.600 jiwa bisa dijamin asuransinya. “Jika tahun ini nelayan yang kami usulkan untuk menerima asuransi sebanyak 2.000 orang, sisanya akan kami usulkan dan mudah-mudahan bisa terealisasi tahun depan,” katanya.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lebak Nurman mengatakan, pemberian asuransi nelayan itu untuk memberikan perlindungan kepada nelayan Lebak jika terjadi kecelakaan yang menimbulkan kematian maupun cacat. ”Selama ini, para nelayan telah memberikan kontribusi kepada pemerintah melalui retribusi pajak di tempat pelelangan ikan.Kami berharap semua nelayan Lebak mendapat perlindungan asuransi yang disalurkan oleh KKP,” tuturnya. (H-34)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here