Astra Tol Tangerang Merak Percepat Pelebaran Jalur

TANGERANG, (KB).- PT Marga Mandalasakti (MMS) atau Astra Tol Tangerang-Merak melakukan percepatan pada proses pelebaran jalur di sejumlah ruas Tol Tangerang-Merak. Hal itu dilakukan, untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi akibat adanya pengerjaan pada proyek tersebut.

“Memang ada beberapa hambatan saat melewati ruas tol yang tengah dalam pengerjaan pelebaran. Hambatan itu seperti, adanya pembatas jalan hingga, sedikit mempersempit ruas. Tapi, saat ini seluruh ruas yang dikerjakan akan kita targetkan selesai sebelum periode natal dan tahun baru 2019, supaya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas,” kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Kris Ade Sudiyono saat meninjau Kampung Berseri Astra di Desa Talagasari, Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jumat (18/10/2019).

Sejumlah ruas yang dilakukan pelebaran yakni, Tol Bitung-Cikupa, Balaraja, hingga Cikande. Dilakukannya pelebaran tersebut, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur tol, serta mengurangi angka kecelakaan lantaran ruas tol yang sempit.

“Kita lebarkan ruas-ruas tersebut, karena kalau dari traffic kendaraan, jalur itu merupakan yang terpadat dan juga ruas sisi kanan dan kirinya baru dua lajur, tapi sekarang kita tambah masing-masing jadi empat lajur,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Kris menjelaskan, terdapat upaya lainnya yang dilakukan pengelola untuk memudahkan mobilisasi pengguna jalan tol dengan melaksanakan pembangunan simpang susun Balaraja Timur.

“Kita juga bangun simpang susun Balaraja Timur sebagai penyempurnaan akses penghubung jaringan Jalan Tol Tangerang-Merak yang juga bentuk peningkatan pelayanan kami terhadap pengguna jalan,” ungkapnya.

Kondisi sebelumnya terdapat keterbatasan yakni, hanya tersedia satu akses keluar dari Jakarta menuju Balaraja Timur dan akses masuk dari Balaraja Timur menuju Jakarta.

Namun, dengan simpang susun tersebut, tersedia empat ramp yakni, ramp 1 ( off ramp arah Jakarta), ramp 2 (on ramp arah Jakarta), ramp 3 (off ramp arah Merak), ramp 4 (on ramp arah Merak) dan jalan akses sampai dengan pertemuan jalan nasional.

Simpang yang nantinya menghubungkan jaringan jalan antar Jakarta-Merak ini ditargetkan pula selesai pada akhir tahun 2019. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here