Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Utamakan Keselamatan Kerja

Petugas gabungan PT Marga Mandalasakti, Kepolisian, Damkar Kota Serang dan petugas medis saat melakukan simulasi Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat di Rest Area KM 68 Serang, Selasa (8/5/2018).*

SERANG, (KB).- Pihak Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, mengingatkan seluruh pekerja dan mitra kerja agar mengutamakan keselamatan kerja, dengan mematuhi aturan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Hal itu disampaikan Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto saat menghadiri acara simulasi Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (KTD) kejadian luar biasa, berlangsung di rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) KM 68 Jakarta Ruas Tol Tangerang-Merak, Selasa (8/5/3018).

Acara dihadiri Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Marga Mandalasakti beserta beberapa pihak lainnya, seperti PT Air Liquide, Rumah Sakit Sari Asih Serang, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Serang dan sejumlah mitra kerja.

Dalam sambutannya, Sunarto Sastrowiyoto menyampaikan, simulasi KTD kejadian luar biasa ini dilaksanakan sebagai upaya persiapan dan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Ini juga demi kenyamanan pengguna jalan tol, saat pekerjaan berlangsung. Terlebih yang perlu diwaspadai adalah tumpahan bahan berbahaya dan beracun (B3).

“Mengingat banyaknya industri kimia di wilayah Tangerang-Merak. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pekerja dan pengguna tol, kita lakukan simulasi ini,” ujarnya.

Menurutnya, simulasi ini merupakan salah satu bentuk kajian SOP mengenai penanganan kecelakaan kerja di lajur pekerjaan. Kegiatan simulasi ini hasil dari kerja sama antara perusahaan dengan pihak terkait dalam menangani tumpahan limbah B3.

“Terpenting, ini bagian dari upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan,” ucapnya.

Siapkan mobil derek 24 jam

Untuk saat ini, sambung dia, sedang berlangsung pelebaran jalur keempat pada segmen Cikupa-Balaraja Timur. Pihaknya telah menyiapkan 14 unit mobil derek untuk mengangkut kendaraan yang mengalami gangguan di jalan tol selama 24 jam.

Dengan dilakukannya simulasi KTD ini, ASTRA Infra Toll Road bersama para petugas yang berada di lokasi pekerjaan, turut serta berpartisipasi dalam menciptakan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan saat berkendara. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here