Asperapi Banten Kerja Sama dengan Tiga Perguruan Tinggi

TANGERANG, (KB).- Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Wilayah Banten bekerja sama dengan tiga perguruan tinggi. Kerja sama ini ditujukan antara lain untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition).

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan pada acara Pelantikan pengurus DPD Asperapi Banten periode 2018-2022 dan Banten MICE Forum di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Ke tiga perguruan tinggi tersebut adalah Fakultas Dakwan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB), Universitas Serang Raya (Unsera), serta Akademi Akuntansi Keuangan dan Perbankan Indonesia (AAKPI). Nota kesepahaman dengan Fakultas Dakwah UIN SMHB ditandatangi Dekan Fakultas Dakwah UIN SMHB Suadi Sa’ad dan Wakil Dekan III Fakultas Dakwah Endad Musaddad.

Kerja sama dengan Unsera ditandatangani Rektor Unsera Hamdan dan Wakil Rektor Unsera Haji Kamil Husain. Nota kesepahaman dengan AAKPI ditandatangani Direktur AAKP Yayan Alfian N. Sementara penandatangan nota kesepaham dari Asperapi adalah Ketua DPD Asperapi Banten Deden Sunandar dan Sekretaris DPD Asperapi Banten Rachmat Ginandjar.

Dalam nota kesepahaman disebutkan bahwa kedua pihak bersepakat untuk mengadakan kerjasama dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang MICE. Selain itu, masing-masing pihak juga bersepakat untuk membina hubungan kelembagaan saling menguntungkan.

MICE jadi unggulan

Dalam sambutannya, Ketua DPD Aspirapi Banten Deden Sunandar menyampaikan ucapan terima kasih kepada ke tiga perguruan tinggi yang sudah bersepakat untuk bekerja sama dengan Asperapi Banten. Deden menjelaskan, industri MICE saat ini menjadi salah satu subsektor unggulan di sektor Pariwisata. Oleh karena itu pemerintah telahmenempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional sebagai daya tarik wisatawan mancanegara.

Deden menilai sumber daya manusia untuk industri MICE di Banten masih sangat sedikit sekali. Begitu dari SDM MICE yang ada pun aspek kompetensinya belum memadai. “Oleh karena itulah, kami ingin bekerja sama dengan lembaga pendidikan agar kebutuhan SDM dan kompetensi MICE bisa teratasi,” katanya.

Sebelum dengan ke tiga perguruan tinggi tersebut, menurut Deden, Asperapi Banten telah mendatangani kesepahaman serupa dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Dengan demikian, sampai saat ini, Asperapi Banten telah bekerja sama dengan empat perguruan tinggi.

Pada bagian lain Deden mempersilakan kepada lembaga pendidikan untuk memanfaatkan kerja sama tersebut seoptimalkan mungkin. “Kalau perlu narasumber event-event besar kami siap menghadirkannya. Atau perlu narasumber kuliah umum terkait penyelenggaraan even atau MICE, bisa kami bantu,” kata Deden. (Rizki)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here