Sabtu, 20 Oktober 2018

Asperapi Banten Bantu Tingkatkan Jumlah Wisatawan

PALEMBANG, (KB).- DPD Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Banten akan berupaya membantu meningkatkan kunjungan wisata di Banten melalui kegiatan di bidang MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition). Asperapi Banten meyakini kegiatan MICE bisa mendorong peningkatan kunjungan wisata secara signifikan.

“Contohnya, kegiatan di ICE BSD saja, dalam dua tahun terakhir, dikunjungi oleh sekitar 1,5 juta pengunjung. Mereka berasal dari Banten, Indonesia, dan bahkan dari mancanegara,” ujar Ketua DPD Asperapi Banten Deden Sunandar pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asperapi di Main Dining Hall Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (23/2/2018).

Dalam sesi laporan DPD Asperapi Banten, Deden menjelaskan kegiatan MICE dan pariwisata di Banten pada 2017 cukup menggeliat. Pada 2017, di Banten terlaksana 33 pameran/event. Dari jumlah event sebanyak itu, 23 di antaranya digelar di wilayah Tangerang Raya (ICE BSD) dan 10 event di Serang dan sekitarnya.

Upaya lain yang dilakukan untuk mengembangkan bidang MICE, DPD Asperapi Banten terlibat aktif bersama pemerintah mendorong perkembangan MICE dan pariwisata, menjalin kemitraan dengan lintas stakeholder pariwisata dan lembaga akademis, serta memfasilitasi penyelesaian sejumlah permasalahan di bidang MICE. “Alhamdulillah Asperapi Banten juga bisa melaksanakan kegiatan social bertajuk Asperapi Peduli Ramadan pada tahun 2017,” katanya.

Program kerja

Terkait dengan program kerja 2018, Deden menjelaskan Asperapi Banten akan menggelar Musda Asperapi Banten pada 21 Maret 2018 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. Kemudian, besok harinya, akan digelar “Banten MICE Forum” sekaligus peresmian Kantor DPD Aspirapi dan pengukuhan pengurus baru DPD Asperapi Banten. Event ini akan digelar di ICE BSD. “Pada tahun ini, seperti tahun sebelumnya, kami juga akan menjalin kemitraan dengan lintas stakeholder dan tiga perguruan tinggi di Banten,” katanya.

Program kerja lainnya adalah menyelenggarakan seminar tentang industri pameran dan mendorong para pelaku MICE di Banten untuk bergabung dengan Asperapi. Sementara itu, pada bagian lainnya, Asperapi Banten mendorong DPP Asperapi untuk membangun kerja sama dengan Mabes Polri. Upaya ini perlu dilakukan untuk memperlancar kegiatan-kegiatan MICE di daerah-daerah. “Kalau DPP Asperapi dan Mabes Polri ada kerja sama, insya Allah kegiatan-kegiatan di daerah akan lancer,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Asperapi Effi Setiabudi melaporkan, sampai Februari 2018, jumlah anggota Asperapi sebanyak 600 perusahaan. Mereka terdiri atas organizer (433), stand contactor (53), freight forwarder (13), supporting industries (64), dan venue owner (37). Rakernas Asperapi di Palembang ini diikuti sebanyak 120 peserta. Mereka berasal dari 15 provinsi. “Diibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, rakernas kali ini terbanyak pesertanya,” kata Effi.

Menurut Effi ada dua tujuan rakernas. Pertama, silaturahmi. Kedua, mendengarkan laporan kegiatan DPP dan DPD-DPD Asperapi. Agenda rakernas terdiri atas pembahasan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Asperapi serta penyusunan program kerja tahun 2018. Selain Ketua DPD Asperapi Banten Deden Sundar, perwakilan yang hadir pada rakernas tersebut Sekretaris DPD Asperapi Banten Rachmat Ginandjar, Adrian dan Radit (ICE BSD, Tangerang), Ayu, Elok Sofa Rahmawati, Susaedi Diana Fitri, Firman Dwi Ismawanto (Royale Krakatau Convention Hotel, Cilegon).(KO)***


Sekilas Info

Menelusuri Situs Wisata Ziarah di Banten

PROVINSI Banten banyak terdapat objek wisata ziarah yang tersebar di empat kota dan kabupaten. Objek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *