ASN Harus Paham Kode Etik

CILEGON, (KB).- Aparatur sipil negara (ASN) harus memahami kode etik. Sebab, pegawai negeri sebagai unsur aparatur negara dan abdi masyarakat, mempunyai peran yang amat penting. Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, Mahmudin saat memberi pengarahan kepada para calon aparatur sipil negara (CASN) di Aula Setda II Kota Cilegon, Senin (7/1/2019).

”Seorang ASN harus dapat menciptakan masyarakat madani yang taat hukum, beradaban modern, demokratis, makmur, adil, dan bermoral tinggi yang menyelenggarakan pelayanan secara adil dan merata,” katanya.

Dia menuturkan, untuk dapat melaksanakan tugas tersebut diperlukan aparatur sipil negara (ASN) yang berkemampuan pelaksana tugas secara profesional dan bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan, serta bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

”CASN harus menjadi pegawai yang baik ke depannya, karena terpilih dari ribuan peserta yang mendaftar. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengabdi di Pemerintah Kota Cilegon karena Allah telah menempatkannya di sini dengan tujuan yang baik sehingga jangan sampai bekerja dengan tidak baik agar pekerjaan dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati dalam sambutannya mengajak kepada CASN untuk menjadi contoh bagi pegawai lain.

“Kalian di sini adalah ‘role model’, karena itu saya minta pada seluruh CASN untuk menjadi contoh bagi pegawai lain agar nantinya bisa menjadi pegawai yang baik,” tuturnya.

Dengan menjadi contoh bagi pegawai lain, kata dia, maka bisa menjadi bermanfaat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain.

Sebagai pegawai, kata dia, harus bekerja dengan ikhlas karena apabila sudah ikhlas maka pekerjaan yang di lakukan akan terasa lebih mudah dan aura yang ditimbulkan juga akan lebih baik dan itu akan berpengaruh untuk pekerjaan dimana pun ditempatkan. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here