ASN Harus Disiplin Layani Publik

PANDEGLANG, (KB).- Sekda Pandeglang Pery Hasanudin menyatakan, aparatur sipil negara (ASN) harus menjaga disiplin kerja yang bermuara pada pengadian melayani publik. Selain itu, kedisiplinan aparatur juga sudah terikat oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kedisiplinan itu dasarnya harus lahir dari diri sendiri, karena ASN itu terikat oleh peraturan. Setiap hari harus ada perbaikan tatanan kerja dan harus menjaga kedisiplinan yang bermuara pada sektor pelayanan publik,” kata Sekda Pandeglang Pery Hasanudin kepada Kabar Banten, seusai apel pagi di Gedung Setda, Senin (10/2/2020).

Menurut sekda, untuk memberikan pelayanan publik yang optimal, maka setiap aparatur pemerintah wajib memiliki etos kerja yang baik dan menjaga kedisiplinan. Jika kedisiplinan sudah mengalir dalam jiwa korsa ASN, dengan sendirinya mereka akan bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

“Selaku Sekda, saya menekankan kepada para pegawai untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan prima kepada masyarakat. Jika kita memberikan pelayanan yang terbaik, masyarakat juga akan merasa puas dengan kinerja pemerintah. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab agar tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar (Disperindag) E Sutisna mengatakan, khusus pegawainya selama ini tidak saja bekerja di kantor, namun ada yang bertugas di lapangan baik di pasar maupun mengelola rumah kemasan produk unggulan Pandeglang. Entis mengaku terus memotivasi bawahannya agar bekerja optimal dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab.

“Arahan Pak Sekda soal disiplin kerja sangat bagus untuk meningkatkan disiplin pegawai. Saya selalu mengingatkan pegawai untuk kerja dengan baik sesuai aturan,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Pandeglang, Endang Sumantri merespons positif penekanan Sekda kepada para ASN agar bekerja maksimal dan fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN itu kan abdi negara dan abdi masyarakat, jadi harus bekerja dengan baik sesuai aturan. Lebih penting lagi, ASN harus patuh aturan dan perundang-undangan,” ucapnya.

Meski demikian, Endang berharap ASN yang bekerja di dinas perizinan agar lebih memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan stakeholder. Setiap pelayanan perizinan harus diberikan cepat, namun tetap melalui mekanisme dan prosedur berlaku.

“Ya, sepanjang itu mudah buat apa dipersulit. Berikan pelayanan sesuai dengan aturan dan mekanisme perizinan, sehingga masyarakat akan merasakan pelayanan baik dan mudah,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here