Asian Youth Junior Weighlifting Championships 2020, Lifter Banten Wakili Indonesia

LIFTER Banten Rizki Juniansyah berhasil menempati podium runner up pada ajang Kejuaraan Asia Junior di Korea Utara.*

SERANG, (KB).- Lifter Banten ikut serta atas nama Rizki Juniansyah yang akan membela Merah Putih di kelas 73 kilogram. Pada kejuaraan internasional cabang olah raga angkat besi di Asian Youth & Junior Weighlifting Championships, yang akan berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, pada 13-19 Februari.

Hal itu disampaikan salah seorang Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (Pengprov PABBSI) Banten, M Yasin. Ia mengatakan, Rizki terpilih karena sering kali menjuarai pertandingan tingkat nasional, seperti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Pekan Olah raga Pelajar Nasional (Popnas) serta event lainnya.

“Alhamdulillah, sudah kesekian kalinya Rizki dipercaya untuk membela Indonesia di kancah internasional. Tandanya, pembinaan yang kami berikan berjalan dengan maksimal, karena terbukti ada lifter yang dilirik,” ucapnya, Rabu (12/2/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai pelatih angkat besi Banten itu mengatakan, Rizki merupakan atlet asal Kota Serang salah satu yang mampu menunjukkan penampilan di kancah internasional, yang tergolong cabang olah raga (cabor) terukur.

“Saya sarankan Rizki mampu all out. Sebab, peluang bagus baginya untuk melangkah ke level yang lebih baik, kan Asian Youth & Junior Weighlifting Championships jadi ajang babak kualifikasi ke Olimpiade 2020 Tokyo,” katanya kepada Kabar Banten.

Hanya saja, lanjut Yasin, bukan berarti sang atlet akan dibebani targetan tinggi. Namun, hanya menjadi kesempatan dalam mengharumkan nama baik Indonesia dalam bidang prestasi olah raga.

“Tidak sama sekali, yang penting berjuang saja dulu dengan maksimal, prestasi akan mengikuti dengan sendirinya,” ujarnya.

Sementara, mantan atlet angkat besi Banten, Agan Sugandi percaya, juniornya ini mampu memperlihatkan capaian prestasi yang gemilang di Uzbekistan.

“Pengalamannya sudah bagus, usianya pun masih terbilang muda. Namun, sudah mampu bersaing dengan para seniornya. Makanya saya percaya Rizki bisa unjuk gigi di hadapan lawan-lawanya nanti,” tutur Agan.

Ditambah lagi, lanjut Agan, Rizki masih termasuk pada atlet Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten dan atlet Pekan Olah raga Nasional (PON) Banten.

“Intinya kalau pesan saya kepada Rizki, fokus pada pertandingan dan jangan pikirkan apapun. Serta jangan merasa terbebani harus pulang bawa medali atau ngebet untuk tampil ke Olimpiade Tokyo. Rileks saja,” ujarnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here