Asian Games 2018, Atlet Banten Sumbang 6 Medali

SERANG, (KB).- Kontingen Indonesia secara mengejutkan mampu tampil prima pada ajang Asian Games 2018. Selain karena tuan rumah, dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia pun menjadi salah satu faktor pendukung prestasi atlet Indonesia. Diketahui, hingga saat ini Indonesia telah mengumpulkan 30 medali emas, 22 medali perak dan 36 medali perunggu. Jumlah raihan tersebut melampaui target yang sebelumnya dicanangkan Indonesia pada gelaran multi event olah raga terbesar di Asia ini, dengan 16 medali emas.

Dengan jumlah tersebut, Indonesia terus menempel ketat kontingen Korea Selatan, yang berada diposisi ketiga dengan raihan 37 medali emas, 41 medali perak dan 49 medali perunggu. Raihan medali emas tersebut di antaranya disumbangkan melalui cabor pencak silat, bulu tangkis, paralayang, hingga panjat tebing. Tak hanya itu, cabang olah raga eSport pun tak ketinggalan turut menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Prestasi Indonesia di Asian Games juga turut disumbang oleh sejumlah atlet unggulan asal Banten, tak tanggung-tanggung patriot Banten telah menyumbangkan enam keping medali. Yakni 2 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu.
Raihan dua keping medali emas yang disumbangkan Banten untuk kontingen Indonesia, masing-masing disumbangkan oleh Aris Apriyansah dari cabor paralayang nomor Ketepatan Mendarat beregu putra. Serta satu emas lainnya disumbangkan oleh Rajiah Salsabilla dari cabor panjat tebing di nomor speed relay beregu putri.

Sementara raihan medali perak, disumbangkan oleh M. Fajar dari cabor dayung nomor kano TBR 1.000 meter putra, serta Since Lithasova Yom dari 200 meter putri. Kemudian medali perunggu untuk kontingen Indonesia disumbangkan Banten melalui M. Fajar di cabor dayung kano TBR 500 meter putra, dan Aris Apriansyah dari cabor paralayang nomor cross country beregu putra.

Tak sampai disitu, Banten masih memiliki peluang untuk kembali menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia pada ajang Asian Games. Alasannya, seorang atlet Banten Maesaroh akan tampil pada Kamis (30/8/2018) malam di nomor lompat jangkit putri. Prestasi patriot olah raga Banten pada ajang Asian Games tersebut patut dibanggakan, mengingat 21 atlet Banten menjadi wakil Indonesia pada ajang olah raga negara Asia tersebut. Dari 21 atlet Banten tersebut, hingga saat ini sudah 6 keping medali yang dipersembahkan untuk Indonesia.

Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten Rumiah Kartoredjo tak henti-hentinya bersyukur atas prestasi yang telah diraih atlet Banten untuk Indonesia. Apalagi, prestasi tersebut mereka dapatkan pada ajang bergengsi sekelas Asian Games.

”Bukan hal mudah untuk mendapatkan prestasi pada ajang sekelas Asian Games, namun atlet Banten mampu membuktikan dirinya dengan menyumbangkan medali untuk Indonesia. Tentu ini sangat saya syukuri, ini semua berkat doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Banten,” ucapnya. Selain itu, ia pun meminta doa dan dukungan dari masyarakat Banten untuk Maesaroh yang baru akan tampil Kamis hari ini. ”Mari tetap berdoa agar Maesaroh mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tuturnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here