Selasa, 16 Oktober 2018

Asian Games 2018, Agung Hercules Ramaikan ”Torch Relay” di Banten

SERANG, (KB).- Artis kenamaan ibu kota, Agung Hercules dipastikan akan meramaikan acara pawai obor atau torch relay Asian Games di Banten. Rencananya, torch relay tersebut akan tiba di Banten pada 9 Agustus, dimulai dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, dan akan berada di Banten hingga 10 Agustus. Selain diramaikan oleh penyanyi Agung Hercules, torch relay di Banten juga akan dihadiri Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Moermahadi Soerja Djanegara.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Banten Ai Dewi Suzana kepada Kabar Banten. “Iya benar, nanti akan diramaikan oleh Agung Hercules. Selain itu, akan hadir juga Ketua BPK RI Harry Azhar Azis,” ujarnya. Ia mengatakan, setibanya di Pelabuhan Merak, api obor Asian Games akan langsung disambut dengan tarian-tarian khas Banten. Setelah itu, obor akan melintasi ke Landmark Kota Cilegon untuk kemudian menuju Rumah Dinas Wali Kota Cilegon.

“Selain itu, torch relay juga akan diramaikan oleh atlet renang nasional, Kevin Nasution. Oleh karena itu, saya harapkan masyarakat Banten untuk beramai-ramai menyaksikan torch relay ini, karena acara seperti ini akan sangat langka. Jadi kita bisa menjadi saksi sejarah pelaksanaan Asian Games di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, rapat koordinasi dengan instansi terkait telah digelar INASGOC di kantor Dispora Banten, Kamis (2/8/2018). Asda I Pemprov Banten Anwar Mas’ud yang memimpin rapat menegaskan, rute yang akan dilewati kirab obor Asian Games tidak mengalami perubahan dari jadwal semula.

Hanya saja, dua kepala daerah yakni, Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dipastikan absen menerima obor Asian Games. Keduanya sebelumnya dijadwalkan menerima obor Asian Games sebagai tanda kehormatan dari INASGOC. “Mau naik haji (Tatu dan Jaman). Saya dengar (hasil rapat) beliau menugaskan pejabat lain untuk menggantikannya. Informasinya, wakil bupati (Pandji Tirtayasa) dan Wakil Wali Kota Serang (Sulhi Choir) yang menggantikan,” kata Anwar.

Ia menuturkan, Tatu rencananya akan menerima obor Asian Games di daerah BMW (Kramatwatu). Sedangkan Jaman di Tasikardi. Namun karena keduanya berhalangan maka digantikan oleh pejabat lain. “Nanti tiba di stadion (Maulana Yusuf) obor akan diarak dan dibawa Pak Danrem (Kolonel Czi Budi Hariswanto), Kapolda Banten (Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo). Untuk terakhir diserahkan ke gubernur (Wahidin Halim),” tutur Anwar.

Kadispora Banten Deden Apriandhi Hartawan mengatakan, obor Asian Games akan tiba di Pelabuhan Merak pada 9 Agustus 2018 sekitar pukul 10.30. Di Pelabuhan Merak, Pemkot Cilegon menjadi pihak penyelenggara penyambutan dan kirab. “Pemkot Cilegon, Pemkab Serang dan Pemkot Serang sudah sangat siap (penyambutan dan kirab). Jadwalnya tetap seperti kemarin, tidak ada perubahan,” kata Deden.

Ia menuturkan, penyambutan obor Asian Games tersebut akan menonjolkan budaya lokal Banten. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan kearifal lokal daerah. “Nanti disambut tarian selamat datang dan kesenian lainnya,” ujar Deden. (FI)*


Sekilas Info

Hadapi Kejurnas Senior, Hoki Banten Seleksi Atlet

SERANG, (KB).- Pengprov Federasi Hoki Indonesia (FHI) Banten menggelar seleksi atlet senior mereka, untuk dikirimkan menuju …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *