ASDP Luncurkan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak

Direktur Jenderal Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan saat memantau pengoperasian Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Rabu (19/12/2018).*

CILEGON, (KB).- PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mulai mengoperasikan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Rabu (19/12/2018). Dengan mematok harga tiket jauh lebih tinggi dibandingkan dermaga lain. Dermaga tersebut dilengkapi dengan fasilitas hotel dan mal.

Untuk tiket penumpang pejalan kaki dewasa misalnya, tiket Dermaga 6 atau Dermaga Eksekutif dibanderol PT ASDP di angka Rp 50.000 atau lebih tinggi 233 persen dibandingkan harga tiket dermaga 1, 2, 3, 4, 5, dan 7 yang hanya dibanderol Rp 15.000. Termahal adalah tiket penumpang pejalan kaki anak-anak, yang dibanderol Rp 34.000 atau lebih tinggi 325 persen dibandingkan harga dermaga biasa yang hanya Rp 8.000.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, pada dasarnya Dermaga Eksekutif dari sisi bangunan belum selesai 100 persen. Katanya, masih ada beberapa bagian gedung yang masih membutuhkan penyempurnaan. “Sisi bangunan sudah hampir rampung, tinggal finishing sedikit-sedikit. Soft launching pun seharusnya Senin (17/12/2018) kemarin. Berhubung ada satu hal dan lainnya, jadi ditunda menjadi Rabu (19/12/2018) ini,” katanya.

Menurut Fahmi, pada soft launching Dermaga Eksekutif menandakan beroperasinya bongkar muat kapal penumpang beserta terminal Dermaga Eksekutif. Dimana pada dermaga tersebut, empat unit kapal motor penumpang disiagakan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni. “Kami menggunakan dua kapal beroperasi, dua kapal lego jangkar. Tujuannya, ketika satu kapal terjadi gangguan teknis yang memengaruhi pelayanan, kapal yang engker cepat bergerak masuk,” ujarnya.

Fahmi mengatakan, tidak semua kendaraan bisa melintas melalui Dermaga Eksekutif. Menurutnya, kendaraan yang menggunakan jasa dermaga tersebut hanya sampai Golongan V. “Dermaga Eksekutif ada batasan kendaraan, kami hanya mengelola hingga Golongan V. Ini sudah tarif khusus premium, karena ada fasilitas yang dinikmati mulai dari terminal dermaga hingga kapal,” tuturnya. Selain fasilitas, alasan tingginya tarif tiket Dermaga Eksekutif karena pelayanan yang juga eksekutif. “Jarak tempuh kapal lebih cepat, lebih nyaman, suasana pun oke,” ucapnya.

Sementara itu, Marketing Communication Asisten Manager PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO) Juanito Alfa Nanlohy mengatakan, operasional perdana pelayanan penyeberangan penumpang telah dimulai. Baik dermaga bongkar muat dan terminal dermaga, menurut Juanito, telah beroperasi. “Hari ini Rabu, (19/12/2018) sudah ada operasional perdana dari PT ASDP. Hanya menunggu flow pintu gate penumpang kendaraan yang akan dibuka dalam waktu dekat. Mungkin Kamis (20/12/2018) atau Jumat (21/12/2018),” tuturnya.

Ia mengatakan, dermaga eksekutif memiliki gedung empat lantai. Di area terminal dermaga akan ada live musik mulai pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB. Ini akan berlangsung hingga 5 Januari 2019, ujarnya.

Perbedaan dengan dermaga lain, lanjut Juanito, Dermaga Eksekutif juga melayani pengunjung non penumpang. Mengingat, gedung tersebut juga memiliki fasilitas lain, seperti mal dan hotel. “Hotel akan kami bangun berikutnya, kemungkinan selesai di akhir 2019. Begitu juga bioskop, juga di akhir 2019. Sekarang ini sudah ada tenan-tenan yang buka, seperti starbuck dan lain-lain,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here