Minggu, 19 Agustus 2018
Sejumlah petugas Puskesmas Pandeglang dan Dinas Perhubungan mulai menempati posko kesehatan pelayanan mudik lebaran di Terminal Kadubanen, Pandeglang, Jumat (8/6/2018).*

Arus Mudik Lebaran 2018: Tenaga Medis Siaga Mudik

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Kesehatan Pandeglang mulai siaga melaksanakan tugas pelayanan kesehatan gratis di tujuh Posko Kesehatan atau Poskes yang sudah dibangun. Mereka akan berjaga secara bergantian untuk pelayanan mudik lebaran selama 24 jam di setiap terminal angkutan umum dan pusat keramaian.

Sementara itu ketujuh Poskes mudik lebaran itu, di antaranya di Terminal Kadubanen, Pertigaan Cigadung, Alun-alun Pandeglang, Terminal Mengger, Saketi, Labuan, dan Terminal Carita.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Mohamad Kabir mengatakan, para tenaga medis tersebut mulai menjalankan tugas penjagaan dan pelayanan kesehatan di setiap Poskes mulai Jumat (8/6/2018) karena mulai terjadi aktivitas mudik lebaran. Dengan demikian, Poskes bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk istirahat pemudik dan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

”Poskes tersebut sudah disiagakan untuk melayani masyarakat, khususnya pemudik selama 24 jam. Memang lokasi paling utama didirikan Poskes adalah jalur yang lalu lintasnya padat dan banyak dilintasi pemudik, seperti terminal dan Alun-alun Pandeglang,” kata Sekdis Kesehatan, Mohamad Kabir, Jumat (8/6/2018).

Ia mengatakan, Poskes yang ditempati tenaga medis tidak saja untuk pelayanan mudik. Melainkan dapat diperuntukkan bagi warga sekitar yang membutuhkan pertolongan kesehatan. Dengan harapan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

”Poskes tambahan itu mulai dioperasikan efektifnya pada H-7 hingga H+7. Jadi, kami harap pemudik tidak perlu segan-segan dan malu, kalau kurang sehat atau mau istirahat silakan singgah di Poskes,” tuturnya.

Kabir menjelaskan, dari hasil pendataan dan evaluasi tahun sebelumnya. Poskes tersebut sering menerima keluhan dari masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas.  ”Saya imbau pemudik agar berhati-hati saat di perjalanan. Jaga kesehatan dan utamakan keselamatan jiwa saat berkendara menuju kampung halaman,” ujarnya.

Kepala Dinkes Pandeglang, Didi Mulyadi mengatakan, ke tujuh Poskes tersebut akan diisi tenaga medis dari masing-masing Puskesmas terdekat. Untuk itu, Didi meminta tenaga medis yang mendapatkan tugas piket agar memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada pemudik maupun masyarakat sekitar.

“Para tenaga medis sudah mulai bertugas di Poskes. Poskes juga dilengkapi obat-obatan dasar, seperti Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), tensimeter, stetoskop, tabung oksigen dan 1 unit ambulans ,” katanya. (IF)*


Sekilas Info

Mahasiswa Untirta Paparkan Hasil KKM 

PANDEGLANG, (KB).- Kelompok Kerja Mahasiswa (KKM) 11, 28 dan 97‎ memaparkan hasil kerjanya di Kantor Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *