Selasa, 19 Juni 2018

Arus Mudik Lebaran 2018: Pramuka Cilegon Siap Bantu Pemudik

SEBANYAK 80 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Cilegon diterjunkan untuk membantu para pemudik Lebaran atau Idul Fitri 1439 H. Salah satu tugas kemanusiaan yang akan mereka jalankan adalah membantu mengangkut barang-barang pemudik dari Terminal Terpadu Merak (TTM) ke Dermaga Palabuhan Merak atau sebaliknya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Cilegon H Taufiqurrohman mengatakan, Rabu (6/6/2018), kegiatan tahunan ini diberi nama Aksi Peduli “Karya Bakti Lebaran” (KBL) 2018. Kegiatan tersebut, mengusung tema “Semangat beribadah dengan meningkatkan kepedulian di Bulan penuh berkah”.

Taufiqurrohman menuturkan Aksi KBL 2018 ini akan berlangsung dari H-4 Juni. Posko utamanya didirikan di TTM Merak. “Terkait kegiatan itulah, upacara pembukaan KBL 2018 dan buka puasa bersama di halaman Rumah Dinas Kota Cilegon kami gelar,” katanya.

Menurut dia, bentuk kegiatan Karya Bakti Lebaran ini adalah bakti sosial kemasyarakatan. Sementara jenis kegiatannya terbagi tiga, yakni aksi informasi, aksi fisik, dan aksi peduli sesama. Aksi informasi adalah kegiatan membantu memberikan informasi jalur-jalur mudik . Aksi fisik merupakan aksi yang langsung berinteraksi dengan pemudik.

Misalnya,kata dia memberikan pelayanan kesehatan gratis, pengaturan lalu lintas, membantu menyeberangkan pemudik, membantu membawa barang-barang pemudik, dan aksi fisik lainnya. Sementara aksi peduli sesama adalah Pramuka melaksanakan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Misalnya, Pramuka memberikan paket sembako, uang santunan, dan barang-barang lainnya kepada kaum duafa, fakir miskin, anak yatim dll,” ujarnya.

Humas panitia kegiatan Ahmad Alawi menjelaskan panitia pelaksana kegiatan Karya Bakti Lebaran ini terdiri atas pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Cilegon dan Dewan Kerja Cabang Kota Cilegon, serta satuan karya yang dibawah naungan Kwarcab Cilegon.

Jumlah anggota Pramuka se-Kota Cilegon, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega. Mereka berasal dari anggota DKR dan Anggota Satuan Pramuka (Saka) serta Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Cilegon dengan jumlah mencapai 80 orang yang akan dibagi disejumlah titik,baik posko maupun di TTM. (Himawan Sutanto)*


Sekilas Info

Libur Idul Fitri 1439 H, Arus Lalulintas Menuju Kawasan Wisata Anyer di Berlakukan Satu Arah

CILEGON, (KB).- Memasuki libur Idul Fitri 1439 Hijriyah, Polres Cilegon memberlakukan sistem satu arah menuju kawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *