Senin, 25 Juni 2018

Arus Mudik Lebaran 2018, Dinkes Kota Tangerang Siapkan 17 RS Rujukan

TANGERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah bekerja sama dengan 17 rumah sakit sebagai rujukan saat mudik lebaran jika ada yang membutuhkan penanganan darurat. Kabid Bidang Pelayanan dan Kesehatan, Dini mengatakan, rumah sakit tersebut telah disiagakan untuk membantu perawatan jika ada pemudik yang membutuhkan pertolongan atau perawatan yang tak tertangani di Puskesmas.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, maka pemudik yang membutuhkan perawatan dan atau pertolongan akan terlebih dahulu ditangani di Puskesmas. Sebab, sejumlah Puskesmas di Kota Tangerang saat ini sudah bisa melayani UGD 24, rawat inap hingga persalinan. “Jadi, yang dirujuk ke rumah sakit bila sudah dalam keadaan kritis atau memang langsung dirujuk dari posko mudik bersama,” katanya, Jumat (8/6/2018).

Adapun ke-17 RS tersebut, di antaranya RSUD Kota Tangerang, RS Hermina, RSUD Kabupaten Tangerang, RS DIM 0506 Tangerang, RS Kusta Sitanala, dan RS Sari Asih Karawaci, RS Sari Asih Ciledug, RS Sari Asih Sangiang, RS Usada Insani, RSIA Annisa Tangerang, RS Mayapada, RS Islam Sari Asih Ar-Rahmah, RSIA Keluarga Ibu, RSU Melati, RSU Mulya, RS Bhakti Asih, serta RS Mutiara Bunda. Sebelumnya, Dinkes juga tetap mengoperasikan 36 unit Puskesmas di 13 kecamatan selama mudik Lebaran 2018.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi menuturkan, seluruh petugas di Puskesmas telah diberikan pengarahan dalam membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, mulai dari obat-obatan maupun perawatan. “Intinya, seluruh pelayanan di 36 Puskesmas akan seperti biasa termasuk saat mudik lebaran nanti. Perawat dan dokter akan bertugas secara bergantian demi kenyamanan pemudik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Tangerang telah meningkatkan status pelayanan di sejumlah Puskesmas. Saat ini, ada 18 unit Puskesmas yang melayani UGD 24 Jam. Kemudian, ada 15 unit Puskesmas yang melayani UGD 24 jam dan persalinan. Lalu, ada 4 unit Puskesmas yang melayani UGD 24 jam, persalinan, dan rawat inap. (DA)*


Sekilas Info

Penjabat Sementara Berakhir, Arief Kembali Jabat Wali Kota Tangerang

TANGERANG, (KB).- Setelah lima bulan bertindak sebagai Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, M. Yusuf secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *