Arus Mudik 2019, Perbaikan Jalan Ditargetkan Selesai H-7

LEBAK, (KB).- Sejumlah ruas jalan nasional yang rusak di Kabupaten Lebak saat ini mulai diperbaiki oleh pihak Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (B2PJN) Wilayah VI PJN Banten 1.

Perbaikan ditargetkan selesai pada H-7 lebaran. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3 PJN Banten I, Sunarto, mulai melakukan perbaikan jalan nasional yang rusak di Lebak. Perbaikan dimulai di jalur perbatasan Lebak-Bogor hingga jalur perkotaan. Jalur tersebut kondisinya perlu dilakukan perbaikan, karena terdapat kerusakan.

“Kerusakan, selain disebabkan banyaknya kendaraan bermuatan dengan beban tidak sesuai kelas jalan, seperti armada truk pasir over tonase yang melintas,” ujarnya.

Namun, kata dia, sebelum dilakukan perbaikan oleh rekanan, pihaknya sudah melakukan penanganan sementara pada jalan yang rusak tersebut, dengan menutup bagian jalan yang berlubang. Seperti jalan di sekitar Terminal Bus Mandala Rangkasbitung dan sepanjang ruas jalan Warunggunung-Rangkasbitung.

”Target kami, perbaikan ruas jalur mudik ini sudah rampung pada H-7,” ucapnya.

Menurut pantauan, perbaikan jalan nasional ruas Rangkasbitung- Cigelung ditandai dengan diturunkannya sejumlah alat berat dari mulai bundaran Terminal Mandala, Jalan Bay Pass Soekarno-Hatta hingga jalan raya Rangkasbitung-Cigelung menuju Bogor, Jawa Barat yang rusak banyak lubang. Kondisi tersebut cukup membahayakan pemudik jika tetap dibiarkan.

Sementara, salah seorang pengguna jalan, Arif Dudu berharap proses perbaikan jalan bisa dilaksanakan secepatnya. Jangan sampai pengerjaan jalan terkesan mepet dan terburu-buru, sehingga dikhawatirkan pada ketidakmaksimalan hasil perbaikan.

“Harus secepatnya, jangan terkesan perbaikannya buru-buru,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, menjelang arus mudik lebaran, sejumlah ruas jalan utama status nasional di Kabupaten Lebak masih dalam kondisi rusak. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kondisi jalan utama rusak terjadi di Jalan Rangkasbitung-Pandeglang Simpang Mandala dan Jalan Rangkasbitung-Cipanas, Kampung Narimbang, Kecamatan Rangkasbitung yang menghubungkan Kabupaten Lebak dengan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di ruas jalan itu terdapat lubang yang dikhawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan, terlebih mendekati musim arus mudik lebaran. Ironisnya, kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here