Arus Mudik 2019, Pemudik Sepeda Motor ‘Serbu’ Pelabuhan Merak

Pemudik sepeda motor serbu Dermaga 7 Pelabuhan Merak, Sabtu (1/6/2019) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.*

CILEGON, (KB).- Pemudik kendaraan roda dua (sepeda motor) serbu Dermaga 7 Pelabuhan Merak, Sabtu (1/6/2019) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB. Pemudik tujuan pulau Sumatera ini memenuhi tiga blok tenda yang disediakan pengelola pelabuhan Merak.

Pantauan di lapangan, terjadi antrean sepeda motor di 25 loket tiket yang terpasang di Dermaga 7 pelabuhan Merak. Para pengendara sepeda motor itu diarahkan ke blok-blok tenda untuk antre. Sambil menunggu kedatangan kapal, para pemudik kendaraan motor diminta mematikan mesin motor oleh pihak kepolisian.

Rekayasa pengalihan pemudik motor ke dermaga selain dermaga 7 dilakukan jika kondisi di dalam tenda sudah padat. Mereka akan dibawa ke dermaga 1 dan 2 dengan pengawalan pihak kepolisian.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten Nurhadi mengatakan, jika kondisi pelabuhan padat, 3 dermaga akan diberlakukan hanya memuat tanpa bongkar muatan.

“Ini untuk mempercepat proses angkut muatan. Jadi kapal-kapal yang sandar tidak bongkar hanya muat dari Merak, sampai di Bakauheni bongkar dan tidak muat penumpang,” katanya.

Namun, pola itu belum diberlakukan, kondisi di Pelabuhan Merak dinilai masih normal. “Sistem kapal tanpa bongkar muatan akan diberlakukan saat puncak arus mudik 2019 di Pelabuhan Merak,” ujarnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here